23 Jan 2021, 22:22Pernapasan

Apa yang menyebabkan perut atas sakit saat bernafas ?

NK
Info Penanya: NK0
Dok, perut atas saya teras nyeri kalau nafas sakit nya makin ketarik.. lebih sakit kalau saya sedikit tarik nafas dok... Terimakasih
567 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, N.Proses bernafas terjadi saat udara masuk, diolah, diedarkan ke seluruh tubuh, serta sisa dari udara berupa karbondioksida dikeluarkan kembali. Proses bernafas dipengaruhi oleh banyak hal, termasuk udara, organ pernafasan, atau penyakit penyerta yang ada.

Apa yang menyebabkan perut atas sakit saat bernafas ?

Saat kita menarik nafas, maka paru-paru akan mengembang serta menekan ke organ sekitarnya, termasuk lambung dan esofagus. Rasa sakit saat menarik nafas ini bisa disebabkan oleh gangguan dari organ pernafasan berupa penyakit asma bronkiale, penyempitan saluran paru akibat PPOK dimana merkok dalam jangka waktu lama, penyakit TBC maupun penumonia.Selain itu perut atas sakit saat bernafas dapat disebabakan oleh gejala asam lambung yang meningkat, terutama orang yang sering berbaring setelah makan, dimana asam lambung naik mengiritas kerongkongan menyebabkan sensasi rasa panas dan perih di dada. Rasa ini juga menimbulkan perasaan mengganjal di tenggorokan, pahit di mulut dan asam di lidah.Anda perlu menjaga kesehatan dengan menghindari rokok, olahraga secara rutin, makan bergizi seimbang, hindari makanan yang meransang asam lambung, seperti makanan pedas, minuman soda, alkohol, serta kopi. Jika keluhan yang Anda rasakan tidak kunjung membaik, segera konsultasi ke dokter spesialis pentakit dalam.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
gerdppokdispepsia
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil