16 Dec 2020, 07:51Perut

Sakit perut sebelah kiri disebabkan apa?

LD
Info Penanya: LD0
Dok saya wanita 48 th saya mengalami nyeri perut sebelah kiri kl tidur menghadap kekiri seperti ada yg mengganjal dan berat kl mau dibalik kekanan terasa sakit dan berat kl sehari hari suka merasa nyeri tapi hilang timbul ga terlalu sakit tapi intens dan ditambah sakit kepala sebelah kiri bagian bawah sudah hampir 1 bulan
256 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Constantia Evelin Kwandang
(0)
Halo L,Nyeri pada perut sebelah kiri, dapat disebabkan oleh gangguan pada lambung. Dyspepsia atau peningkatan asam lambung dapat menyebabkan keluhan nyeri pada perut bagian tengah hingga ke seluruh perut. Keluhan ini dapat disertai adanya mual dan muntah, hingga rasa perih dan panas di uluhati. Dyspepsia yang tidak di tangani dengan baik, dapat menyebabkan gastritis. Gastritis adalah peradangan lapisan lambung. Kondisi ini terjadi karena infeksi bakteri Helicobacter pylori. Gastritis akut dapat muncul secara tiba-tiba, dan jika sudah menjadi gastritis kronis akan berlangsung bertahun-tahun jika tidak ditangani. Penggunaan obat penghilang nyeri yang berlebihan, stres dan konsumsi alkohol yang berlebihan, dapat menyebabkan gastritis. Gejala gastritis adalah nyeri ulu hati, mual, muntah, kembung, nyeri perut, hingga muntah darah dan tinja berwarna hitam.

Cobalan mengkonsumsi obat lambung seperti omeprazole 2x sehari, jika dalam 3 hari keluhan tidak juga membaik atau bahkan semakin memburuk, segera periksakan diri ke dokter. Dokter mungkin akan melakukan pemeriksaan fisik dan jika di perlukan akan di lakukan pemeriksaan endoskopi unutk menilai kondisi lambung Anda.
 Salam sehatdr. Evelin Kwandang
sakit peruttukak lambunggastritis
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil