05 Nov 2020, 22:19Perut

Sakit perut sampai kebelakang

PP
Info Penanya: PP0
Dok, perut bagian kiri saya terasa sakit sekali, apalagi kalo saya berdiri. Kadang sakitnya sampe kebelang. Kenapa yah dok kira kira?
241 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang PP,Sakit perut adalah keluhan yang bisa disebabkan oleh masalah pada organ pencernaan, bisa karena gangguan organ lain yang berada di rongga perut seperti ginjal, hati, pankreas, limpa ataupun saluran kemih atau bisa juga karena saluran reproduksi terutama pada wanita.Untuk itu jika mengalami sakit perut sebelah kiri, perlu mencari tahu apa yang jadi penyebabnya dan memperhatikan kondisi apa yang jadi pencetus terjadinya sakit perut dan keluhan apa yang menyertai keluhan sakit perut seperti misalnya ada mual, muntah, nyeri buang air kecil, nyeri ulu hati, sakit pinggang, ataupun keluhan lainnya.Jika sakit dibagian kiri seringnya bisa disebabkan oleh gangguan pencernaan seperti penyakit maag, asam lambung, infeksi saluran kemih, infeksi ginjal atau penyebab lainnya. Untuk mengatasinya bisa dilakukan beberapa cara seperti:
  • Memperbaiki pola makan dengan makan sedikit tapi lebih sering
  • Memperbaiki asupan makan dengan menghindari makanan yang mengiritasi lambung seperti makanan yang pedas-pedas, makanan berminyak, bersantan ataupun minuman berkafein seperti kopi, teh, cokelat, soda
  • Hindari terlalu lama berdiri
  • Perbanyak minum air putih dan jangan sering menahan buang air kecil
  • Perbaiki postur tubuh saat beraktivitas
  • Minum obat antasida sebelum makan 3 kali sehari dan minum obat pereda nyeri seperti parasetamol jika diperlukan
Jika tidak juga membaik, periksakan pada dokter agar dipastikan apa yang jadi penyebabnya dan diberikan penanganan yang tepat. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
asam lambungmaagsakit perutsakit pinggang
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil