Apa efek samping penggunaan suplemen kolagen?

MS Info Penanya: MS
Saya mengkonsumsi frozen collagen 1 kapsul dan bsoknya bab saya tdk lncar smpai 4hari berturut2 sakit perut dan mncul bercak coklat pd clana dalam saya. Tnpa saya ketahui bahwa yg saya konsumsi itu adalah produk palsu. Apakah yg saya konsumsi pengaruh juga pda keputihan ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, MS.

 

Kolagen merupakan jenis protein alami yang dihasilkan dari dalam tubuh manusia sendiri. Fungsi kolagen sendiri untuk mempertahankan kekenyalan kulit, memperkuat jaringan kulit, menggantikan sel kulit yang mati, dan mencegah terjadinya pengeroposan tulang. Seiring dengan bertambahnya usia seseorang maka produksi dari kolagen semakin menurun. Oleh karena itu banyak yang memilih suplemen kolagen sebagai alternatif untuk memenuhi kebutuhan akan kolagen di dalam tubuh kita. 

Pada dasarnya kolagen sulit didapat dari makanan, namun mengonsumsi buah-buahan dan sayur dapat membantu mempercepat tubuh untuk memproduksi kolagen secara alami. Kolagen sendiri dapat dihasilkan alami oleh tubuh dengan mengonsumsi berbagai macam vitamin serta protein. Vitamin yang dianjurkan adalah vitamin A, vitamin E dan vitamin C.

Berikut ini merupakan efek samping pemakaian suplemen kolagen, yaitu:

  1. Konstipasi atau sulit buang air besar.
  2. Mudah lelah.
  3. Nyeri pada tulang.
  4. Mual dan muntah.
  5. Gangguan pada irama jantung.

Perihal keluhan yang Anda rasakan salah satu efek samping dari suplemen kolagen adalah terjadinya konstipasi sehingga yang Anda alami dapat merupakan efek samping suplemen kolagen itu sendiri. Namun untuk lebih memastikannya dibutuhkan pemeriksaan kepada dokter kulit dan kelamin ya. Untuk bercak coklat yang muncul sejauh ini tidak ada informasi yang menuliskan bahwa suplemen kolagen dapat mengganggu siklus haid atau menyebabkan keputihan.

Untuk membantu mengatasi keluhan sakit perut Anda sebaiknya melakukan hal berikut:

  • Mengompres perut dengan menggunakan air hangat yang dimasukkan ke dalam botol selama kurang lebih 10 menit.
  • Minum obat untuk membantu meredakan nyeri seperti ibuprofen atau paracetamol.
  • Banyak makan sayur dan buah sebagai sumber serat agar tidak konstipasi.
  • Minum air putih minimal 2 liter/menit.

 

Semoga bermanfaat.

Salam sehat, 

 

dr.Sri Wulantini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Grapeseed oil dipercaya dapat merawat kesehatan kulit

Khasiat Grapeseed Oil, Bisa Obati Jerawat Hingga Samarkan Tanda Penuaan

Grapeseed oil yang merupakan ekstrak dari biji anggur dikenal mengandung manfaat antiperadangan, antimikroba, dan antioksidan. Ditambah lagi dengan tingginya kadar vitamin E di dalamnya, menjadikan minyak yang satu ini banyak dijadikan bahan dalam rangkaian produk perawatan kulit.