Apakah ejakulasi di luar bisa menyebabkan kehamilan?

SU Info Penanya: SU, Wanita, 26 Tahun
Halo dok siklus haid saya 35 kadang lebih karna setiap bulan tidak teratur, saya berbungan badan 2 bulan sekali tapi di keluarkan di luar terakhir hubungan badan malming kemaren. sekarang saya telat haid apakah saya hamil dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, SU.

Kehamilan adalah kondisi dimana seorang wanita mengandung janin dalam rahimnya selama kurang lebih 40 minggu, sampai akhirnya janin dilahirkan ke dunia. Kehamilan dapat terjadi apabila ada proses pembuahan, yaitu pertemuan antara sperma dengan sel telur. 

Agar sperma dapat bertemu dengan sel telur, pria dan wanita perlu melakukan aktivitas seksual. Jika ejakulasi dilakukan di dalam vagina saat berhubungan, maka kemungkinan pembuahan terjadi akan cukup besar. Sedangkan jika ejakulasi dilakukan di luar ataupun hanya menggesek-gesekkan (petting), maka kemungkinan pembuahan kecil, tetapi tetap ada.

Kemungkinan pembuahan tetap ada karena sebelum ejakulasi, pria akan mengeluarkan cairan semen. Cairan tersebut juga mengandung sperma, walaupun dalam jumlah yang lebih sedikit.

Oleh karena itu, untuk saat ini, sebaiknya Anda melakukan testpack untuk memastikan apakah ada kehamilan atau tidak. Apabila negatif, Anda dapat mengulanginya seminggu lagi. Tetapi, apabila tetap negatif, sebaiknya Anda berkonsultasi kepada dokter spesialis kebidanan dan kandungan agar dilakukan USG rahim untuk konfirmasi kehamilan.

Baik hamil atau tidak, tetaplah selalu menjaga kesehatan rahim dan vagina, ya. Konsumsi makanan bergizi, minum air putih yang cukup, rutin berolahraga, dan hindari stres. Selain itu, hindari pakaian dalam yang terlalu ketat, tidak menyerap keringat, serta kondisi organ kewanitaan yang terlalu lembab. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Flek saat hamil muda bisa menjadi pertanda gejala dari komplikasi kehamilan

Bumil Perlu Waspada, Inilah Penyebab Flek Saat Hamil Muda

Flek saat hamil muda adalah hal yang umum terjadi. Namun kondisi ini bisa merupakan gejala dari komplikasi kehamilan seperti pendarahan, iritasi, bahkan keguguran.