Sakit perut menjelang pagi

RA Info Penanya: RA
Dok, saya sakit perut setiap malam menjelang pagi, sakitnya seperti saat sakit mens. Sudah 2 minggu dok. Sakit nya dimulai waktu saya habis liburan di tempat dingin, malamnya langsung sakit perut sampai 2 minggu tetep seperti ini dok. Apakah saya masuk angin/penyakit lainnya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang RA,

Sakit perut adalah keluhan yang memiliki banyak kemungkinan penyebab, untuk itu keterangan informasi tambahan seperti lokasi nyeri, gejala lain yang menyertai, hal apa yang memperberat atau memperingan gejala bisa membantu untuk menentukan apa penyebabnya.

Apabila terjadi keluhan sakit perut di area perut bawah terutama baru berlibur dari tempat dingin bisa terjadi karena beberapa kemungkinan penyebab seperti:

  • Infeksi saluran kemih
  • Kram perut
  • Nyeri otot
  • Iritasi usus
  • Masalah dari saluran reproduksi

Untuk meredakan keluhannya bisa kompres bagian yang nyeri dengan air hangat, banyak minum air putih, hindari menahan buang air kecil dan juga bisa minum pereda nyeri seperti parasetamol setelah makan jika nyeri.

Apabila tidak juga membaik maka perlu dilakukan pemeriksaan pada dokter untuk mengetahui penyebab dari sakit perut yang terjadi. Nantinya akan dilakukan pemeriksaan lab darah, pemeriksaan urine dan pemeriksaan lain yang diperlukan untuk mengetahui apa penyebabnya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sakit perut sebelah kiri bawah salah satunya disebabkan oleh penyakit divertikulitis.

Sakit Perut Sebelah Kiri Bawah? Hati-Hati Divertikulitis

Sakit perut sebelah kiri bawah adalah gangguan yang salah satu penyebabnya divertikulitis. Rasa sakit muncul ketika divertikula terinfeksi atau mengalami peradangan.