27 May 2020, 17:15Perut

Apakah yang dimaksud dengan trauma abdomen?

LK
Info Penanya: LK0
Assalamualaikum dok,,Gini dok 6 bln yg lalu saya kecelakaan jatuh dari got dan perut kiri bagian bawah saya terbentur beton..1 jam setelah kecelakaan saya naik motor trus saya tiba tiba pusing dan pengen BAB..setelah saya BAB fesesnya cair banget..dan semenjak kecelakaan itu saya kena asamlambung,dan saat ini perut bagian kanan atas saya agak keras dan sakit ketika makan agak banyak atau ketika berjalan..apa ada kaitannya kecelakaan dgn asamlambung dan sakit di perut kanan atas saya dok?
14345 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat siang, LKTerima kasih atas pertanyaan Anda.Trauma abdomen adalah trauma atau cedera yang mengenai abdomen atau rongga perut. Dimana pada rongga abdomen ini terdapat beragai macam organ-organ penting tubuh, terutama organ pencernaan seperti lambung, usus, pankreas, hati, kantung empedu, organ reroduksi, organ saluran kemih, dan lain sebagainya. 

Berdasarkan jenisnya, trauma abdomen ini terbagi menjadi 2, yaitu:

  • Trauma tumpul abdomen
    • Trauma ini terjaid saat perut terbentur  akibat dari terjautuh, kecelakaan, cedera ketika berolahraga, atau karena pukulan. 
  • Trauma tembus abdomen
    • Trauma ini terjadi saat perut terluka karena luka tembak maupun luka tusuk yang dapat mencederai organ-organ vital pada rongga perut.
Terkait dengan pertanyaan dan keluhan yang Anda rasakan, kemungkinan sangat kecil jika keluhan tersbeut akibat dari trauma tumpul yang Anda rasakan karena sudah 6 bulan yang lalu. Keluhan yang Anda rasakan bisa juga diakrenakan peningkatan asam lambung, karena masalah pencernaan, atau karena kondisi medis yang lainnya.Sebaiknya, segera periksakan diri Anda ke dokter spesialis bedah terdekat. Mungkin bila dokter akan merujuk ke dokter spesialis penyakit dalam bila dirasa perlu. tetap konsumsi makanan bergizi siembang, hindair makanan yang meningkatkan asam lambung, cukupi kebutuhan cairan harian Anda, hindari stres, dan istirahat cukupSemoga bermanfaat.

Salam sehat, dr. Dian
pencernaanperuttrauma abdomen
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil