Sakit perut apa akibat lambung?

NS Info Penanya: NS, Wanita, 1 Tahun
Selamat malam dok,Saya ingin bertanya sakit di ulu hati hingga buat saya merasa rebah,dan terkadang mual,itu knpa y dok,,,Sudah 4 hari seperti ini,, namun sakitnya muncul setiap tengah malam,saat sedang tidur,,Dan perut pun terasa lapar trus,,Makasih dok,,,
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang NS,

Nyeri ulu hati adalah keluhan sakit perut yang pasti pernah dialami oleh siapapun dan bisa disebabkan oleh banyak faktor.

Penyebab nyeri ulu hati.

Beberapa penyebab yang sering menimbulkan keluhan nyeri ulu hati, mual, muntah dan perut kembung hingga sesak napas adalah:

  • Gastritis. Adanya gangguan lambung di mana produksi asam lambung semakin meningkat akan menyebabkan asam lambung naik ke tenggorokan yang disebut dengan GERD.
  • Radang pankreas.
  • Batu empedu.
  • Faktor stres.

Pada GERD, keluhan terutama akan muncul saat Anda posisi berbaring, sehingga seperti dirasakan keluhan muncul ketika malam hari atau ketika sedang tidur. Adanya keluhan perut yang terasa lapar terus menandakan adanya asam lambung yang mengiritasi lambung.

Tips mengatasi nyeri ulu hati:

  1. Perbaiki pola makan dengan cara menghindari makanan pedas, asam, santan, kanji, ketan, kopi, soda serta alkohol. Usahakan makan dengan porsi kecil namun sering, jangan sekaligus makan hingga kekenyangan.
  2. Hindari berbaring setelah makan, beri jarak sekitar 3 jam setelah makan baru Anda boleh berbaring.
  3. Tidur dengan posisi miring ke kiri atau gunakan bantal agak tinggi.
  4. Jangan stres.
  5. Minum antacida untuk meredakan mual.

Bila keluhan tidak membaik, sebaiknya lakukan USG dan tunjukkan hasilnya ke dokter untuk memastikan kondisi Anda agar bisa ditangani dengan baik sesuai dengan penyebabnya.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Alpukat tidak bersifat asam menjadi buah untuk asam lambung yang aman dikonsumsi

Terbukti Aman, Ini Daftar Buah untuk Asam Lambung yang Bersahabat

Untuk menghindari asam lambung naik, buah yang aman untuk penderita GERD adalah yang tidak bersifat asam seperti alpukat, apel, berries, melon, persik, dan pisang.