Sakit perut sebelah kiri apa penyebabnya?

S Info Penanya: S
Dok, saya ingin bertanya.Semalem perut saya bagian kiri sperti kaku gitu ndak bisa buang angin sama bab rasanya.Akhirnya saya minumin yakult.. sempet rada lega sedikit2 dan bisa buang air besar.Akan tetapi sya langsung muntah 2x smlem.Kmudian saya buat tidur.Ini terasa nyeri lagi, di bagian perut tengah bawah, sampai ke arah dekt kandung kemih.Kira2 apa penyebab nya ya dokWaktu itu saya sempet tes kehamilan hasilnya 1 garis terang, dan yg 1 garis samar.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore S,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Sakit perut di bagian kiri bawah biasanya berhubungan dengan masalah saluran pencernaan. Selain itu, rasa sakit di sisi kiri perut pada wanita juga terjadi karena adanya masalah dengan organ reproduksi, saluran kemih, atau pembuluh darah.

Beberapa penyakit wanita yang bisa muncul pada perut sebelah kiri :

Untuk mengatasinya Anda bisa menerapkan beberapa tips di bawah ini :

  • Berbaring dan beristirahat hingga rasa sakit berkurang.
  • Kompres perut yang sakit dengan handuk yang telah direndam air hangat.
  • Perbanyak mengonsumsi air putih dan minum secara perlahan-lahan. Hindari mengisi perut Anda dengan minuman berkafein atau berkarbonasi, seperti teh, kopi, atau minuman soda. Hindari juga minuman beralkohol.
  • Hindari makanan pedas dan berlemak tinggi guna menghindari rasa sakit menjadi makin parah.

Berdasarkan keterangan yang Anda berikan, hasil testpack samar yang sudah Anda lakukan bisa saja menunjukan hamil, tidak hamil atau keguguran. Saran saya sebaiknya mengulang test pada keesokan harinya saat pagi hari menggunakan urin pertama kali. Jika masih saja menunjukan hasil samar, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter kandungan untuk memastikan penyebab sakit perut yang Anda alami.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Perut terasa panas umumnya disebabkan karena adanya gangguan kesehatan di saluran pencernaan

9 Penyakit Ini Ditandai dengan Gejala Perut Terasa Panas

Perut terasa panas bisa menjadi pertanda adanya gangguan kesehatan yang terjadi di saluran pencernaan yang disebabkan karena pola makan yang salah, virus atau bakteri, atau terdapatnya penyakit tertentu.