Kenapa buang air besar berdarah?

NL Info Penanya: NL, Wanita, 24 Tahun
BAB keluar darah penyakit apa itu?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi NL,

Buang air besar berdarah adalah keluhan yang bisa timbul akibat beberapa penyebab seperti adanya wasir atau pelebaran pembuluh darah di area sekitar anus, adanya infeksi di saluran pencernaan, adanya polip atau jaringan lunak yang mudah berdarah, perdarahan di saluran cerna, luka di sekitar anus dan lainnya.

Paling sering penyebabnya adalah wasir yang ditandai dengan BAB berdarah berwarna merah segar di akhir buang air besar yang bisa disertai munculnya benjolan di anus. Wasir sendiri terjadi karena kurang asupan serat, konstipasi, batuk lama, sering mengejan saat buang air besar, kurang aktivitas atau lama duduk, dan lainnya.

Untuk mengatasi wasir perlu dilakukan perubahan gaya hidup dengan menambah asupan serat baik mengonsumsi sayur ataupun buah, perbanyak minum air putih, lebih aktif bergerak, hindari menahan keinginan buang air besar, hindari mengejan terlalu kuat saat buang air besar dan bisa dibantu dengan pencahar jika terjadi konstipasi.

Jika timbul benjolan di anus, baiknya segera diperiksakan. Jika benjolan makin besar atau perlu didorong untuk bisa masuk maka perlu penanganan lebih lanjut. Salah satunya dengan operasi hemoroid. Semoga bermanfaat. 

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kandungan serat dalam apel, membantu mencegah peningkatan kadar kolesterol jahat. Banyak manfaat apel yang belum diketahui, salah satunya adalah apel dapat menjaga berat badan

Temukan 5 Manfaat Apel yang Menyehatkan Ini

Manfaat apel untuk kesehatan sangalah banyak. Mulai dari membantu menjaga berat badan hingga menurunkan kolesterol. Tidak hanya sampai di situ. Berbagai olahan apel juga telah tersedia, sehingga Anda dapat mengambil manfaatnya tanpa rasa bosan.