06 Dec 2020, 05:59Perut

Penyebab dan penatalaksanaan nyeri perut pada anak

FS
Info Penanya: FS0
selamat pagi dok.. Anaknya umur 6 th, dia merasakan sakit perut dibagian bawah nyeri menusuk nusuk, penyebabnya apa ya dok, dan obatnya apa
247 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya
(0)
Selamat pagi FS,Saya akan menjawab pertanyaan Anda.Nyeri perut pada anak menjadi tantangan tersendiri bagi dokter, karena anak yang belum bisa mengungkapkan secara jelas apa yang dirasakannya, rasa sakit yang bagaimana, dan di daerah mana yang terasa sakit. Pemeriksaan secara detail harus dilakukan oleh dokter karena dengan melihat mimik wajah pasien saat dilakukan pemeriksaan juga dapat membantu menentukan diagnosa penyakit.

Penyebab nyeri perut pada anak

Penyebab nyeri perut pada anak antara lain :
  • Infeksi saluran kemih (ISK) sering terjadi pada anak wanita karena jarak yang dekat antara vagina dan anus, serta cara cebok yang salah mengakibatkan bakteri di anus masuk ke vagina. ISK juga dapat terjadi pada anak laki-laki yang belum disunat. Gejala yang sering dikeluhkan yaitu nyeri saat BAK, nyeri perut bawah, dan dapat disertai demam.
  • Diare akibat makanan yang terkontaminasi, atau alergi susu sapi dapat menyebabkan perut terasa nyeri.
  • Benturan pada dinding perut.
  • Demam tipus dapat menyebabkan nyeri perut serta gangguan saluran cerna.
  • Usus buntu dapat diikuti gejala nyeri ulu hati yang turun ke perut kanan bawah menetap dan bertambah berat. Bisa diikuti mual, dan muntah, serta demam.

Penatalaksanaan nyeri perut pada anak

Penatalaksanaan nyeri perut pada anak harus mencari tahu terlebih dahulu penyebabnya, dan pemberian dosis obat anak juga harus berdasarkan berat badan anak. Pemberian obat yang salah, dapat mempengaruhi kondisi Anak. Anda dapat melakukan kompres hangat pada perut anak, pijat ringan pada daerah perut menggunakan minyak. Jika nyeri perut bertambah diikuti mual, muntah, atau diare, segera bawa anak Anda ke dokter.Semoga bermanfaat dan semoga anak Anda lekas sembuh."Salam sehat,dr. Lidya Hapsari."
infeksi saluran kencinganak muntahsunat
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil