Sakit perut pada anak, mengapa bisa terjadi?

ED Info Penanya: ED, Wanita, 2019 Tahun
Assalamualaikum Dokter mau tanya dok anak saya perutnya sakit nyut nyut klo di isi makanan yg salh terasa sakit seringnya sakit di bagian bawah pert sebelah kiri kadang semua menjalar ke lambung kira kira apa penyebab nya dok trus apa obat yg ampuh untuk sembukan penyakitnya.tolong dibantu makasih.??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Sore, E

 

Sakit perut pada anak  merupakan hal yang umum dialami, namun jika dirasakan anak anda setidaknya 12 minggu dalam 12 bulan maka anda perlu tahu sebabnya ya:

  • Sindrom usus iritabel : Apakah sindrom usus iritabel? Ini adalah kondisi dimana sakit perut karen aada perubahan bentuk kotoran dan akan hilang ketika kotoran sudah dikeluarkan.
  • Dispepsia : Sama hal nya dengan orang dewasa, hal ini terjadi karena peningkatan asam lambung. Keluhan berupa begah, kenyang, sendawa, muntah dan mual
  • Erofagi : Hal ini terjadi karena adanya udara yang tertelan sehingga ia akan merasa kembung, sering buang gas dan sendawa, serta ia tidak mau makan dan minum karena rasa begah yang dialami,

Tips untuk anda adalah membawa anak anda ke dokter spesialis anak ya. Selama dirumah bisa melakukan memberikan makanan bertekstur lunak seperti bubur, berikan  minuman hangat, istirahatkan anak, gunakan minyak penghangat perut anak.  

 

Jangan menunda ke dokter ya bu. Terutama kalau mual dan muntah hebat, anak tidak mau makan dan minum sama sekali, anak merasa nyeri perut hebat maka segeralah ke UGD.

 

 

Salam Sehat

dr. Karlina

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gejala meningitis pada anak kadang sulit dideteksi dan dianggap sebagai gejala flu biasa.

Waspadai Bahaya dan Gejala Meningitis Anak

Gejala meningitis anak memang kadang sulit dideteksi dan disalahartikan dengan gejala flu. Jangan lengah, waspadai gejala-gejala berikut ini!