sakit perut mules pada ODHA dan konsumsi cotrimoxazol

DP Info Penanya: DP, Pria, 2019 Tahun
Selamat malam dok, perkenalkan saya odha, kira2 sudah 3 bulan lebih mengkonsumsi ARV jenis Aluvia. Cd4 saya sebelum minum ARV bulan April kemarin 320. Sedangkan efek samping yang saya rasakan sampai saat ini beberapa kali perut mulas walaupun tidak mengkonsumsi makanan pedas. Penyebab mulas itu biasanya datang setelah saya mengkonsumsi susu tapi kadang tidak minum susu pun juga terasa mulas. Akhir Juli kemarin, saya sempat opname dok, awalnya saya cuma flu biasa, lalu ketika saya merasa sudah enakan saya makan ind*mie varian baru. Sebenarnya tidak terlau pedas, tapi micinnya emang saya akui banyak. Akhirnya keesokan harinya saya diare disertai demam hingga 39 derajat. Saya opname sekitar 3 hari saja. Lalu awal bulan Agustus kemarin ketika mengambil obat ARV saya dikasih resep obat Cotrimoxazole, setau saya obat tersebut diberikan untuk odha yang mempunyai cd4 yang rendah. Dan dulu waktu pertama kali minum ARV juga tidak diberi Cotri. Pertanyaan saya apakah Cotri tersebut bisa mengatasi efek mulas yang saya rasakan ya dok? Saya takut nanti malah memperparah mengingat efek samping Cotrimoxazole juga ada diarenya, jadi sampai sekarang saya belum meminum Cotri tersebut. Dan apakah efek mulas ini bisa segera berhenti ya dok? Kadang saya merasa tidak nyaman kalau dulu saya mulas biasanya gara-gara makan pedas, sekarang setelah minum ARV tanpa makan pedaspun sering mulas. Terima kasih sebelumnya, mohon maaf jika kepanjangan
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam DP

Pada pasien ODHA biasanya terjadi status imunokompremis atau penurunan imunitas yang ditandai penurunan CD4. Yang ditakutkan dari penyakit ini pelemahan imunitas sehingga gampang terjadi infeksi oportunistik atau infeksi dari bakteri lain yang menyerang pada seluruh tubuh termasuk saluran nafas, paru, otak, saluran pencernaan serta tubuh tidak memiliki respon untuk melawan infeksi tersebut yang dapat menyebabkan perburukan kondisi pada pasien HIV menuju stadium AIDS. 

Pada anda terdapat keluhan demam disertai diare yang dapat menjadi tanda adanya infeksi opportunistik lain yang masuk, pemberian kotrimoksazol tersebut dilakukan untuk tatalaksana infeksi bakteri yang masuk pada saluran cerna penyebab diare dan demam, serta menjadi obat pencegah infeksi opportunistik lain seperti infeksi paru pneumocitis carinii dan toxoplasmosis pada pasien HIV. 

Kepentingan konsumsi Cotrimoxazol yang diberikan dokter anda lebih penting dari pada efek sampingnya, sehingga anda sebaiknya meminum obat tersebut. 

Keluhan diare, perut mules demam merupakan gejala yang umum terjadi pada pasien HIV dan dapat menjadi tanda progresifitas penyakit. 

Sarankan anda untuk melakukan pola hidup sehat, perbanyak konsumsi makanan bergizi,  tetap mengkonsumsi ARV dan ikuti saran dari dokter apapun termasuk konsumsi cotrimoxazol. 

Salam sehat

dr.Zulham

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Seperti namanya facial vampir meliputi pengolesan darah pada wajah dengan platelet

Jangan Tertipu Dengan Kepopuleran Facial Vampir? Ada Risiko Tertular HIV

Popularitas facial vampir terus melejit sejak Kim Kardhasian mengunggahnya 6 tahun silam. Di sisi lain, belum lama ini ada dua pelanggan VIP Salon di New Mexico terinfeksi HIV selesai menjalaninya.