Apa penyebab sakit perut, mual dan muntah?

ED Info Penanya: ED
Selamat sore dok, adik saya ( laki2 usia 24 thn) lagi tidak enak badan. Perutnya rasanya melilit, dan rasa mau muntah terus ( mual). Apa obat yg cocok untuk dia minum ya dok?? Mohon informasinya, Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang ED,

Sakit perut adalah gejala yang bisa timbul karena gangguan saluran pencernaan seperti infeksi saluran pencernaan, alergi makanan, keracunan makanan, ataupun karena gangguan lain pada organ di rongga perut seperti gangguan saluran kemih, gangguan hati, ataupun lainnya.

Sakit perut bisa juga disertai demam, mual, muntah, diare ataupun keluhan lain. Jadi bisa dilakukan penanganan dengan menjaga asupan makanan, perbanyak minum air putih, bisa konsumsi air jahe hangat, konsumsi antasida sebelum makan dan juga periksakan diri. Jika ada demam bisa diberikan parasetamol. Hindari makanan yang pedas, asam, berminyak yang bisa memicu keluhan lebih berat. Bisa juga konsumsi vitamin B6 untuk mengurangi mual.

Jika timbul tanda dehidrasi seperti muntah hebat, mata cekung, bibir kering, kulit tampak lebih kendur, sakit perut hebat, demam tinggi maka ada baiknya segera dibawa ke fasilitas kesehatan terdekat untuk mendapatkan penanganan. Perhatikan juga apa yang menjadi pemicunya agar bisa dihindari dikemudian hari. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Makan berlebihan saat buka puasa bisa menghadirkan masalah bagi tubuh Anda.

Ini yang Terjadi Ketika Anda Makan Berlebihan Saat Buka Puasa

Saat berbuka puasa bukan momen balas dendam. Makan berlebihan saat buka puasa bisa menghadirkan masalah bagi tubuh Anda.