sakit perut mual dan muntah, menggigil pada infeksi lambung

A Info Penanya: A, Wanita, 23 Tahun
Dok saya mau tanya .ibu saya akhir"kemaren niko mngeluh sakit perut perih sering mual"sering banget muntah air katanya infeksi lmbung tpi ko ada menggigilnya yah dan terasa badan sakit semua.kira"itu sakit apa yah dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore A

Kondisi mual dan muntah disertai rasa menggigil badan pegal dapat menjadi tanda adanya infeksi pada saluran cerna, hal tersebut terjadi pada kondisi penyakit gastroenteritis, infeksi tipes, demam berdarah bahkan infeksi pada saluran kemih/kencing dapat menimbulkan gejala yang sama. 

untuk tatalaksana nya biasanya berdasarkan penyebab infeksi. Pada infeksi saluran cerna yang disebabkan bakteri seperti tipes atau infeksi gastroenteritis diperlukan pemberian antibiotik. Sementara itu pada infeksi demam berdarah biasanya diperlukan pemberian cairan dan suportif. Untuk mual dan muntah dapat diberikan obat anti muntah seperti golongan PPI omeprazol, antasida, prokinetik, sucralfat. Sementara untuk badan pegal dan menggigil dapat diberikan golongan asetaminophen/paracetamol. 

Saya sarankan anda untuk berkonsultasi dengan dokter umum untuk evaluasi penyebab infeksi saluran cerna anda untuk selanjutnya dapat di rujuk ke dokter spesialis penyakit dalam (Sp.PD)

Salam sehat

dr.Zulham

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Infeksi saluran kemih disebabkan oleh bakteri E.coli

Bakteri E-coli Jadi Salah Satu Penyebab Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih biasanya disebabkan oleh bakteri E.coli dan dapat dialami oleh pria ataupun wanita. Namun, wanita berisiko tinggi terkena infeksi saluran kemih. Salah satu gejala infeksi saluran kemih adalah rasa nyeri saat buang air kecil.