Sakit perut disertai sembelit, apa penyebabnya?

SU Info Penanya: SU, Wanita, 18 Tahun
Malam dok. Mau tanya perut saya akhir akhir ini suka sakit di bagian atas dan saya sembelit dan kepala saya pusing. Tadi malam perut saya sakit bgt melilit bagian atas hilang sakit nya, lalu perut saya panas setelah sakit dan kepala saya pusing bgt. Knp itu dok? Kadang juga bagian kiri prut sakit . Mohon bantuannya makasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, SU.

Sakit perut bisa disebabkan oleh berbagai hal, dimana sembelit juga dapat menyebabkan rasa sakit tersebut. Selain sembelit, kondisi seperti asam lambung yang meningkat, demam tifoid, serta konsumsi makanan tertentu juga dapat menyebabkan rasa sakit pada perut atas dan kiri, seperti yang Anda alami.

Karena gejala sakit perut dan sembelit yang Anda alami datang bersamaan, ada kemungkinan besar bahwa dua gejala tersebut saling berhubungan. Oleh karena itu, untuk sementara, konsumsi air putih serta buah dan sayur yang cukup, dan hindari dulu makanan pedas dan berminyak. Biasanya, tinja akan melunak dan sembelit tidak dialami lagi.

Apabila sakit perut menghilang setelah sembelit sembuh, maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan kembali. Namun, apabila sakit perut masih dialami, periksakan kondisi Anda kepada dokter spesialis penyakit dalam, agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang yang dibutuhkan, misalnya USG abdomen. 

Nantinya, hasil pemeriksaan Anda akan dievaluasi, dan Anda akan diberikan penanganan yang sesuai, baik berupa obat-obatan ataupun edukasi untuk perubahan gaya hidup. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara mengatasi sembelit pada bayi 2 bulan sangat beragam.

5 Cara Mengatasi Sembelit pada Bayi 2 Bulan

Terdapat berbagai cara mengatasi sembelit pada bayi 2 bulan di rumah. Mulai dari mengubah pola makan, memijatnya dengan lembut, hingga merubah susu formulanya.