sakit perut dan sering buang air kecil

A Info Penanya: A, Wanita, 19 Tahun
Saya mau bertanya, ibu saya mengeluhkan sakit perut, dan beliau juga jadi sering buang air kecil, sampai mual², padahal tidak mengonsumsi makanan yg aneh², hanya makan seperti biasa, kenapa ya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam A

Sakit perut disertai sering buang air kecil dapat terjadi akibat dua hal yaitu infeksi saluran kemih  dan batu saluran kemih (batu ginjal, uretra, buli, ureter).

Pada infeksi saluran kemih (ISK) biasanya terdapat keluhan nyeri perut diserta nyeri saat buang air kecil, buang air kecil sering disertai BAK merah. Pasien juga sering mengeluh nyeri pinggang, demam, mual dan muntah. 

Sementara untuk batu saluran kemih umumnya sakit perut disertai nyeri pinggang, mual, muntah, BAK berpasir, BAK merah atau riwayat keluar batu saat berkemih. 

Untuk tatalaksana infeksi saluran kemih biasanya pasien dapat sembuh dengan pemberian antibiotik dari dokter, sedangkan pada batu biasanya harus menjalani tindakan operas.

Saya sarankan anda agar perbanyak minum air, hindari makanan tinggi asam urat, serta segera berkonsultasi dengan dokter spesialis Urologi untuk memastikan masalah nyeri perut dan buang air kecil yang sering tersebut.

Salam sehat

dr.Zulham

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Infeksi saluran kemih adalah gangguan yang terjadi pada bagian kandung kemih atau uretra

Sering Buang Air Kecil? Bisa Jadi Infeksi Saluran Kemih

Salah satu gejala infeksi saluran kemih adalah meningkatnya frekuensi buang air kecil. Infeksi saluran kemih disebabkan oleh bakteri yang berhasil masuk ke sistem saluran kemih dan menginfeksi bagian-bagian dari sistem tersebut. Infeksi saluran kemih pada bagian kandung kemih biasanya disebabkan oleh bakteri E.Coli dari anus.