Sakit perut dan pusing setelah operasi usus buntu, apakah normal?

L Info Penanya: L, Wanita, 32 Tahun
Dok, saya baru aja menjalani operasi usus buntu pada bulan lalu. Tapi saya kok masih sering mengalami rasa nyeri dan sakit perut ya Dok setelah operasi dan sering banget pusing jika saya terlalu lama berdiri. Apa yang harus saya lakukan ya Dok kira-kira? Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang L,

Radang usus buntu merupakan infeksi pada usus buntu yang menimbulkan keluhan nyeri perut bagian kanan bawah, mual serta muntah akibat usus buntu mengalami sumbatan. Penyebab pasti radang usus buntu sampai saat ini tidak diketahui secara pasti, namun ada faktor-faktor tertentu yang membuat seseorang lebih rentan terkena radang usus buntu seperti kurangnya asupan sayur dan buah serta kurang minum air putih yang mengakibatkan kotoran menjadi keras dan susah dikeluarkan, kebiasaan mengangkat beban berat akan membuat kotoran terdesak dan masuk ke dalam usus buntu yang ukurannya sangat kecil.

Penanganan usus buntu sendiri tergantung dari kondisi akut atau kronis, bila dalam kondisi akut maka sebaiknya segera dilakukan operasi. Namun untuk kondisi kronis, biasanya hanya observasi dan meminum antibiotik selama beberapa waktu.

Pada kasus Anda dimana usus buntu sudah dioperasi namun masih muncul keluhan nyeri, bisa disebabkan oleh masih dalam masa penyembuhan karena perut memiliki lapisan-lapisan otot yang cukup banyak yang akan disayat saat dokter bedah melakukan operasi, atau adanya penyakit lain seperti divertikulitis, colitis, radang panggul, dll.

Sedangkan untuk keluhan pusing bisa disebabkan kurangnya asupan makanan karena perut yang sedang nyeri, tekanan darah rendah, anemia, dll.

Bila hal ini berlangsung terus, maka segera lakukan pemeriksaan ke dokter untuk penanganan lebih lanjut. Sementara itu Anda bisa meminum paracetamol untuk meredakan nyeri dan mengompres perut yang nyeri menggunakan air hangat, dan usahakan makan secara teratur.

Salam sehat,

dr. Vina

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

otak beku saat memakan es krim terlalu cepat

Makan Es Krim Sebabkan Otak Beku, Mengapa Bisa Demikian?

Menikmati es krim, terutama saat cuaca sedang panas-panasnya, mungkin terasa sangat menyenangkan dan memuaskan dahaga. Meski demikian, ada satu hal yang mengganggu saat menyantap es krim, yakni Anda mengalami “otak beku” (brain freeze).