sakit perut dan pinggang kanan seperti dipelintir dua hari

DP Info Penanya: DP, Pria, 2019 Tahun
Selamat siang Dokter, saya ingin bertanya..Perut dan pinggang sebelah kanan saya ini sakit sekali seperti di plintir2 gitu dan sudah berlangsung 2 hari ini, mohon penjelasan nya dan obat nya apa Dokter,. Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang DP

Sakit perut sebelah kanan dapat menjadi tanda gangguan pada batu saluran kemih, infeksi saluran kemih dan usus buntu. Jika sakit pada perut sebelah kanan menjalar ke pinggang maka paling sering akibat batu atau infeksi saluran kemih. 

Sakit perut dan pinggang kanan pada batu atau infeksi saluran kemih terkadang disertai gangguan buang air kecil seperti BAK tersendat atau sebentar bentar, BAK berpasir dan BAK merah, terkadang pasien juga mengeluh mual mual muntah, nyeri ulu hati dan lemas. 

Yang membedakan antara batu dan infeksi saluran kemih adalah temuan kristal atau adanya peningkatan kadar leukosit pada evaluasi urinalisa. Selain itu pada USG ginjal dan buli dapat ditemukan batu jika terdapat batu. 

Saya sarankan agar anda perbanyak minum air putih, hindari memakan makanan kacang dan jeroan isi perut  yang banyak mengandung purin dan asam urat karena dapat memicu batu asam urat. Untuk nyeri biasanya dapat di kontrol dengan anti nyeri NSAID. Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan sumber nyeri perut dan pinggang, jika memang karena batu maka perlu di rujuk ke dokter spesialis Urologi, namun jika karena infeksi saluran kemih maka akan sembuh dengan pemberian antibiotik.

Salam sehat

dr.Zulham

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Darah pada urine tidak selalu terlihat dengan kasat mata, kadang-kadang dibutuhkan pemeriksaan laboraturium

Awas, Terlalu Keras Berolahraga Bisa Jadi Penyebab Kencing Berdarah

Penyebab kencing berdarah bisa beracam-macam, dari kondisi yang tidak serius hingga penyakit berbahaya. Kencing berdarah disebut hematuria dan keberadaan darah tersebut ada yang terlihat serta ada yang tidak terlihat.