sakit perut dan muntah muntah

H Info Penanya: H, Pria, 32 Tahun
Dokter, saya mau bertanya.Jika wanita perut terasa sakit dan muntah-muntah, itu kenapa ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam H

Gangguan pada saluran cerna biasanya akan memicu perut sakt dan muntah. masalah yang sering mencetuskan sakit perut dan muntah meliputi peningkatan asam lambung pada sindrom dispepsia, infeksi saluran cerna gastroenteritis, radang usus buntu appendicitis, perlengketan atau sumbatan pada saluran cerna akibat tumor. 

Untuk mengetahui sumber penyebab sakit perut dan muntah biasanya sakit perut dibagi berdasarkan lokasi kuadran nyeri timbul, jika sakit perut bersumber dari perut bagian atas maka organ yang terlibat meliputi lambung, hati, empedu dan usus besar, sedangkan perut bagian kanan bawah meliputi usus buntu, dan kiri meliputi usus halus. 

Sebaiknya anda memeriksakan diri dengan dokter untuk mencari tahu penyebab sakit perut dan muntah yang dialami. Selama perut sakit sebaiknya mengurangi makanan pedas dan asam, serta konsumsi makanan yang lunak.

Salam sehat

dr.Zulham

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Luka pada lambung dan maag dapat menjadi penyebab dari muntah darah

Muntah Darah karena Maag, Apa Penyebabnya?

Muntah darah adalah kondisi muntah bercampur darah atau hanya darah saja. Muntah darah karena maag ditandai dengan warna darah kecokelatan akibat luka pada lambung.