Sakit perut dan mual serta keringat dingin saat cuaca panas, pandangan kabur saat bangun tidur dan badan sakit

EG Info Penanya: EG, Wanita, 17 Tahun
Sering sakit perut dan mual serta keringat dingin pada saat cuaca panas atau terlalu lama berjalan. Sering kali pandangan kabur saat bangun tidur dan beberapa kali bagian dalam tubuh terasa sakit... Itu merupakan gejala apa???
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, EG

Gejala yang anda keluhkan seperti sakit perut mual, keringat dingin saat panas dan berjalan bisa jadi sebagai tanda hipoglikemia atau kurang glukosa. Saat terlalu panas dan berjalan bisa menyebabkan metabolisme tubuh lebih cepat sehingga penggunaan glukosa dalam tubuh lebih cepat habis, sebagai kompensasi dibutuhkan asupan makanan atau minuman yang mengandung glukosa. Jika pada tahap tersebut anda kurang makan minum sehingga glukosa turun, lambung anda akan merasa lapar sehingga menjadi nyeri dan mual. 

Pada saat tidur lama tubuh kita tetap bekerja melakukan metabolisme, sehingga cadangan glukosa dapat turun, pada saat glukosa turun gejala yang juga timbul adalah pandangan kabur. 

Kondisi lain yang dapat membuat anda sakit perut mual dan keringat dingin dapat terjadi pada inflamatory bowel syndroma/kumpulan gejala inflamasi usus, hal tersebut dapat tercetus akibat stress yang berlebih sehingga pergerakan usus terganggu yang menciptakan gejala seperti anda. 

Saya sarankan anda untuk menghindari stress, jangan terlambat makan, olahraga teratur, mengkonsumsi probiotik dan multivitamin. 

Salam sehat

dr. Zulham

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kelelahan dan badan lemas yang terjadi terus-menerus bisa mengganggu aktivitas Anda sehari-hari

Sering Capek? Cari Tahu Penyebab Badan Lemas

Sering merasa lelah dan badan lemas? Penyebab badan lemas bisa dikarenakan berbagai alasan. Namun, apapun alasannya, Anda perlu menelusuri penyebab badan lemas yang dialami, terutama jika badan lemas dirasakan secara terus-menerus dan menyulitkan kegiatan sehari-hari.