Sakit perut dan keputihan apa penyebabnya?

LA Info Penanya: LA
Dok saya mau tanya, akhir2 ini saya sring merasakn sakit perut seperti mau haid, dan merasakn sakit di bagian leher smpe ke bgian pinggul, dan kputihan yg luar biasa bnyak. Itu knp y dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore LA,

Keputihan adalah keluarnya cairan dari kemaluan yang berfungsi membersihkan organ kemaluan, tetapi jika timbul dalam jumlah banyak, terjadi perubahan warna dan konsistensi, timbul bau yang khas dan disertai gejala lain seperti nyeri perut, nyeri saat buang air kecil, ataupun nyeri panggul harus diwaspadai karena bisa terjadi infeksi.

Infeksi pada keputihan sendiri bisa disebabkan oleh infeksi bakteri, jamur, parasit ataupun karena penyakit menular seksual. Untuk itu perlu dipastikan penyebabnya dan diberikan penanganan yang sesuai. Nantinya akan dilakukan pemeriksaan baik pemeriksaan sampel cairan vagina, papsmear jika sudah menikah, lab darah, tes urine dan pemeriksaan lain yang diperlukan.

Jika penyebabnya adalah jamur maka akan diberikan obat antijamur tetapi jika penyebabnya adalah bakteri akan diberikan antibiotik yang sesuai. Untuk itu periksakan diri pada dokter spesialis kulit dan kelamin atau dokter spesialis kandungan dan kebidanan untuk pemeriksaan lanjutan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Keputihan yang tidak normal saat hamil muda bisa disebabkan oleh Penyakit Menular Seksual (PMS)

Beragam Faktor Penyebab Keputihan saat Hamil Muda yang Perlu Diwaspadai

Normalnya, keputihan biasanya berwarna bening atau putih susu, encer, dan tidak berbau tajam. Namun jika keputihan berwarna kuning, hijau, atau abu-abu, berbau busuk, disertai rasa gatal dan bercak kemerahan, ini bisa menjadi pertanda adanya infeksi