10 Aug 2020, 11:20Penyakit Lainnya

sakit perut dan dada kiri sesak serta pusing

NR
Info Penanya: NR, Pria, 21 Tahun
Maaf dok mau tanya, saya sudah lama sakit perut perih, sakit dada sebelah kiri dibarengi sesak, sakit dada sebelah kanan dan pusing kata dokter penyakit dalam sakit perut itu gejala gerd, kalau sesak dan sakit dada karena cemas, emang sih kalau dada sakit nya suka tiba tiba tapi bukan karena cemas langsung sakit, tetapi sakitnya itu jadi suka tiba tiba muncul langsung sakit waktu mau tidur dan suka mengganggu tidur juga, jadi kalau menurut saya itu bukan karena cemas
13067 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat malam NR,Sakit perut kiri atas adalah keluhan yang bisa timbul karena beberapa hal mulai dari masalah otot sampai jantung. Gejalanya juga bisa beragam mulai dari nyeri ulu hati, mual, sakit perut, nyeri dada atau dada terasa tidak nyaman, perut perih sampai bisa menimbulkan pusing.Beberapa penyebab sakit perut kiri atas dan nyeri dada adalah:
  • Masalah saluran pencernaan seperti asam lambung dan penyakit maag
  • Gangguan organ pernapasan seperti infeksi saluran napas, asma, atau masalah lain
  • Gangguan otot perut dan dada
  • Masalah jantung
  • Gangguan organ lain seperti liver dan pankreas
  • Gangguan kesehatan lain seperti tekanan darah rendah dan anemia
  • Penyebab lainnya termasuk kondisi psikologis seperti stres, cemas ataupun beban pikiran lain
Untuk beberapa penyebab tersebut, sering kali timbul gejala karena faktor kebiasaan sehari-hari ataupun gaya hidup sehari hari, seperti pola makan yang tidak teratur, asupan makanan yang mengiritasi lambung, kurang tidur, kurang minum, kebiasaan merokok, dan penyebab lain. Untuk meredakan keluhannya perlu menghindari apa yang jadi penyebabnya. Upayakan makan lebih sering dengan porsi yang kecil saja, bisa makan 4-5 kali sehari, minum obat antasida sebelum makan 3 kali sehari, hindari makanan pedas, asam, bersantan, berminyak, ataupun minuman berkafein seperti kopi, teh, soda ataupun cokelat.Jika keluhan tidak juga membaik maka perlu memeriksakan diri pada dokter atau dokter spesialis penyakit dalam. Apabila sering kali kambuh saat cemas atau stres, bisa coba berbagi cerita pada orang yang dipercaya, alihkan dengan kegiatan lain termasuk olahraga ataupun melakukan konsultasi pada dokter spesialis kedokteran jiwa atau psikiater. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P. 
maagsakit perutnyeri dada
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil