Sakit perut kiri bawah apakah berhubungan dengan gangguan haid ?

ET Info Penanya: ET
YTH,,saya mau tanya,,sya SDH 3 Bln sering sakit perut bagian kiri bawah,,kadang keram dan keras dan sakit meski cma sebentar?Apakah berpengaruh dengan mens sya,,saya SDH 5 BLN tdk mens?Terima kasih sebelumnya..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, ET.

Sakit perut kiri bawah merupakan keadaan nyeri perut yang dapat mengarah pada organ dalam perut tertentu yang terletak di bagian tersebut. Umumnya lokasi nyeri perut yang dominan di bagian tertentu dapat mengindikasikan gangguan pada organ yang berada disekitarnya, khususnya pada daerah perut kiri bawah yang diisi oleh organ pencernaan, organ perkemihan dan organ reproduksi.

Adapun beberapa faktor penyebab dari nyeri perut sebelah kiri bawah, diantarnya adalah :

  • radang kantung usus besar
  • nyeri haid atau dismenore
  • maag atau gastritis
  • batu ginjal
  • gas pencernaan yang terjebak
  • konstipasi
  • gangguan pada alat reproduksi wanita seperti adnexitis dan lain-lainnya

Terkait dengan keluhan sakit perut kiri bawah Anda yang disertai dengan keluhan gangguan atau keterlambatan haid yang sudah cukup lama, mungkin dapat berhubungan, tetapi masih belum dapat dipastikan tanpa pemeriksaan lebih lanjut. 

Untuk sementara Anda dapat mengatasi nyeri yang dirasakan dan ketidaklancaran haidnya dengan mengonsumsi air rebusan kunyit dan jahe. Jika nyeri mulai mengganggu aktivitas Anda dapat mengonsumsi obat pereda nyeri yang dijual bebas di apotek seperti golongan asetaminofen.

Berikut juga saya lampirkan artikel mengenai cara mengatasi haid yang tidak lancar secara alami sebagai informasi tambahan untuk Anda.

Jika keluhan nyeri tetap berlanjut dan Anda masih tidak kunjung haid, ada baiknya Anda memeriksakan diri ke dokter Spesialis Kandungan.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sakit perut melilit pada wanita

7 Bahan Alami Pengganti Obat Sakit Perut Melilit

Sakit perut tidak harus selalu diatasi dengan obat. Untuk mengatasinya, makanan yang dapat Anda coba adalah pisang, pepaya, jahe, teh herbal, dan yogurt.