sakit perut bagian bawah saat haid

A Info Penanya: A, Pria, 2019 Tahun
dok saya ingin bertanya, kenapa yah istri saya kalo lg haid dia selalu sakit perutnya bagian bawah pusar, kiri, tengah, dan kanan perutnya sakit dok. Kira-kira itu kenapa yah dok? Dan tindakkan berikutnya harus bagaimana dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore A

Wanita yang sedang haid umumnya mengalami nyeri perut, hal ini akibat perluruhan pada dinding, pembuluh darah sekitar dan kontraksi endometrium rahim. Hal ini merupakan kondisi normal pada semua wanita. 

Namun jika nyeri haid yang dirasakan sangat berat hingga mengganggu aktivitas, kondisi tersebut dapat menjadi tanda adanya penyakit lain didalam rahim. Beberapa kondisi terkait diantaranya mioma uteri, kista adenomiosis, infeksi radang panggul,endometriosis dan efek samping penggunaan kontrasepsi IUD.

Untuk tatalaksan biasanya dapat diberikan obat golongan NSAID seperti asam mefenamat, ibuprofen atau paracetamol. Wanita yang sedang hamil juga disarankan untuk mengkonsumsi air putih lebih banyak, multivitamin, asam folat dan zat besi.

Jika nyeri rasakan sangat berat sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan (Sp.OG) untuk mencari tahu adakah masalah lain yang menjadi penyebab nyeri haid yang tidak tertahankan.

Salam sehat

dr.Zulham Effendy

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bahaya penyakit miom dapat menyebabkan komplikasi bagi penderitanya

Jauhi Bahaya Penyakit Miom dengan Penanganan yang Tepat

Miom termasuk penyakit yang sering terjadi pada wanita, dan dapat menimbulkan berbagai komplikasi di kemudian hari jika tidak diobati dengan benar. Bahaya penyakit miom bisa berupa kondisi sulit hamil pada wanita, atau meningkatnya risiko keguguran bila terjadi ketika penderitanya sedang hamil.