Sakit perut bagian bawah pada wanita, apa penyebabnya?

N Info Penanya: N, Wanita
Hi dok, saya seorang wanita dengan usia 24 tahun. Akhir-akhir ini saya sering merasa sakit pada area perut bagian bawah meskipun tidak sedang menstruasi. Kira-kira penyebabnya apa ya dok? Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang N,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Sakit perut bagian bawah bisa terjadi pada bagian perut dibawah pusar. Rasa sakitnya bisa seperti sakit yang tajam dan menusuk di area tertentu atau rasa sakit tumpul dan menyebar.

Beberapa penyebab sakit perut bagian bawah :

  1. Radang kandung kemih (cystitis)
    Kondisi yang menyebabkan kandung kemih sakit dan tertekan. Rasa sakit perut akan merasakan nyeri pada panggul, nyeri saat buang air kecil, nyeri saat berhubungan seksual dan sering nerasa ingin buang air kecil.
  2. Radang usus buntu (apendicitis)
    Peradangan yang terjadi pada usus buntu, Gejalanya adalah sakit di perut kanan bawah yang kadang merembet hingga ke pusar.
  3. Kista ovarium
    Rasa sakit bisa timbul saat sedang menstruasi atau tidak menstruasi bisa hilang timbul dari mulai ringan hingga parah.
  4. Chorn's disease
    Peradangan usus kronis  dari mulut hingga anus. Selain sakit perut gejala lainnya diare, muntah, mual dan nafsu makan menurun.

Untuk meredakan sakit perut saat dirumah Anda dapat mengoleskan telon hangat pada area yang sakit, mengelola stress dengan baik, dengan olehraga atau meditasi, makan secara perlahan, menghindari makanan asam dan pedas, mencuci tangan terutama sebelum memegang makanan, perbanyak air putih, rutin berolahraga. Namun jika dengan cara di atas sakit perut Anda tidak kunjung membaik, sebaiknya Anda berkonsultasi lebih lanjut ke dokter spesialis penyakit dalam untuk mencari penyebab pasti dari rasa sakit perut yang Anda alami.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Operasi ini dilakukan untuk kista ovarium yang tak kunjung hilang.

2 Operasi yang Bisa Anda Jalani untuk Penyembuhan Kista Ovarium

Kista ovarium merupakan kantong atau benjolan berisi cairan di ovarium. Dalam kebanyakan kasus, kista tidak menimbulkan gejala. Ada dua jenis operasi dengan anesti umum yang digunakan untuk mengangkat kista ovarium, yaitu laparoskopi dan laparotomi.