Sakit perut kiri bawah, apa penyebabnya?

NY Info Penanya: NY, Wanita, 17 Tahun
Halo dok, tiba tiba saya sakit perut bagian kiri bawah setelah bab , sakit jika ditekan maupun tidak di tekan , dan ketika batuk sakit Ke di bagian pantat apa penyebabnya ya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang NY,

Sakit perut adalah gejala yang bisa disebabkan oleh beragam hal baik akibat gangguan di saluran pencernaan, gangguan di saluran kemih, gangguan di organ reproduksi, masalah otot ataupun organ lain yang ada di dalam perut.

Beberapa gangguan lain bisa menyertai sakit perut kiri bawah.

Gejala yang bisa menyertai seperti sulit buang air besar, diare, gangguan buang air kecil, nyeri haid, mual ataupun muntah.

Untuk itu perlu perhatikan gejala apa yang timbul karena pada wanita kemungkinannya lebih banya. Upayakan untuk lebih banyak minum air putih, mengonsumsi makanan yang tidak mengiritasi saluran pencernaan, bisa konsumsi lebih banyak sayur dan buah.

Bisa juga mengurangi nyeri dengan cara:

  • Mengompres bagian yang nyeri dengan air hangat
  • Mengonsumsi antasida sebelum makan
  • Mengonsumsi pereda nyeri seperti paracetamol jika diperlukan

Periksakan diri pada dokter jika keluhan masih timbul agar dipastikan dengan pemeriksaan baik pemeriksaan fisik dan pemeriksaan tambahan seperti lab darah, USG, foto rontgen ataupun pemeriksaan lain yang diperlukan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Akibat kurang serat dapat beragam, mulai dari sembelit, mual, hingga naiknya berat badan

Tak Hanya Sembelit, Ini yang Terjadi pada Tubuh Akibat Kurang Serat

Serat menjadi nutrisi penting yang harus diseimbangkan asupannya. Tanda dan akibat kekurangan serat dari diet pun dapat beragam, mulai dari sembelit hingga naik bobot.