Sakit perut bagian bawah kanan, gejala penyakit apa?

A Info Penanya: A
Saya mau tanya. Sudah hampir 2 minggu sakit perut bagian bawah kanan, rasanya seperti ditusuk-tusuk jarum. Sehari bisa 5-6 kali terasa sakitnya. Kalau kambuh sakitnya bisa bikin pinggang terasa panas, paha sakit dan bengkak, sampai sulit tidur. Saya 2 kali ke dokter dan minum obat antibiotik tapi masih kambuh-kambuh lagi dok. Ini sakit apa ya dok? Gimana penanganannya? Mohon bantuannya. Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, A.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Nyeri perut adalah rasa sakit yang muncul di daerah perut yang dimana terdapat beberapa organ dalam perut yaitu lambung, usus kecil, usus besar, pankreas, hati, limpa, kandung empedu, usus buntu, ginjal, dan juga rahim (pada wanita). Nyeri perut dapat melanda di perut bagian mana saja. Tergantung organ mana yang sedang bermasalah. Termasuk nyeri perut sebelah kanan bawah. Biasanya gejala ini disertai dengan mual, muntah, diare, demam, perut kembung, dan kehilangan nafsu makan.

Penyebab nyeri perut sebelah kanan bawah yang paling sering terjadi yaitu:

Ini paling sering terjadi dan penyebabnya bisa berupa infeksi maupun penyumbatan. Nyeri yang dirasakan sangat tajam dan adanya ‘nyeri lepas’ jika dilakukan penekanan di daerah yang sakit.

  • Mittelschmerz

Nyeri yang berkaitan dengan masa ovulasi dan biasanya terjadi sekitar dua minggu sebelum jadwal menstruasi. Nyeri ini tidak parah dan akan hilang dengan sendirinya.

Nyeri dirasakan hilang timbul dan muncul karena batu bergerak melewati ureter. Rasa nyeri juga menjalar sampai ke pinggang, perut kanan bawah, dan pangkal paha. BAK juga jadi terganggu.

  • Infeksi ginjal kanan

Infeksi ini menyebabkan nyeri di perut bagian bawah, nyeri pinggang, nyeri punggung, atau nyeri pangkal paha, dan urin kadang terlihat bernanah ataupun berdarah.

  • Kista ovarium kanan

Rasa sakit di panggul yang terus menerus dan dapat menyebar ke punggung bawah dan juga paha, menstruasi menjadi tidak teratur.

  • Sembelit

Kondisi ini juga menyebabkan kembung, rasa tegang, dan rasa sakit di daerah rektum.

  • Kehamilan ektopik

Ini terjadi karena telur yang sudah dibuahi berada di luar rahim. Jika dibiarkan akan menimbulkan nyeri di bagian perut bawah.

Untuk menangani rasa sakit di perut, Anda bisa mengonsumsi obat pereda nyeri seperti parasetamol. Jika rasa sakit dirasakan terus menerus dan tidak berkurang, saya sarankan Anda berkonsultasi dengan dengan dokter spesialis penyakit dalam agar dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dan dapat diobati dengan tepat.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Divertikulitis dapat dicegah dengan mengonsumsi serat yang cukup

Divertikulitis, Penyakit Pencernaan yang Bisa Dicegah

Divertikulitis adalah penyakit sistem pencernaan berupa peradangan pada kantung yang menggelembung di usus besar (divertikula). Penyakit ini dapat dicegah dengan mengonsumsi serat yang cukup dan minum air secara teratur.