Sakit perut bagian bawah serta BAB cair, apa penyebabnya?

K Info Penanya: K, Wanita, 19 Tahun
Pagi dokter saya k remaja umur 19th mau bertanya perut bagian bawah ditengah saya terasa sakit melilit gitu disertai bab cair dan saya kira saya diare dan saya sudah minum obat diare kenapa tidak manjur ya?apa saya tidak sakit diare atau sakit lain ya?mohon pencerahannya terimakasih?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore K,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

BAB cair biasanya di sebabkan oleh karena adanya gangguan pada saluran pencernaan yang biasanya di sebabkan oleh beberapa penyebab.

Beberapa penyebab yang dapat menyebabkan BAB cair :

  1. Alergi makanan
    Alergi makanan atau intoleransi makanan dapat menyebabkan usus  tidak dapat mencerna makanan dengan baik. Beberapa makanan yang dapat menyebabkannya adala susu dan kacang-kacangan.
  2. Infeksi
    Infeksi bisa disebabkan karena bakteri, virus maupun parasit. Bakteri yang bisa menyebabkan seperti E. Coli, Salmonella, dll. Sedangkan virus yang dapat menyebabkan seperti rotavirus, adenovirus, dll.
  3. Gangguan saluran pencernaan
    Penyakit yang biasa dialami adalah irritable bowel syndrome (IBS), kolitis ulseratif, dll

Jika Anda mengalami gejala BAB cair > 5 kali sehari, di sertai tubuh yang lemas, tidak mau makan minum, mual muntah, sebaiknya segera periksakan ke dokter penyakit dalam atau rumah sakit terdekat, untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mencegah BAB cair :

  • Cukupi asupan air putih minimal 2 liter / hari agar tidak dehidrasi
  • Konsumsi makanan yang bertekstur lunak dan rendah serat
  • Hindari aktifitas dan olahraga berat
  • Istirahat cukup

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh GM
24 Aug 2020, 09:44
Maaf dok mau nanya,saya umur 20thn.Beberapa bulan ini tgl haid tidak teratur kadang maju kadang mundur dan haidnya 1bln 2 kali awal sma akhir, misalnya juli 28 haid-3 agustus,nah bulan agustus tgl 22 nya haid lagi itu gimna ya ? Trus suka ngerasain sakit banget pernah nyampe pingsan/nangis nahan sakit. Dan biasanya kalau ngerasa sakit paling satu bulan sakit satu bulan nggk,tpi sekarang tiap bulan sakit dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
25 Aug 2020, 07:26
Selamat pagi GM,
Normal ya, berarti siklus haidnya sekitar 26 hari, dimana yang normal berkisar antara 21-35 hari. Sedangkan nyeri haid bisa karena endometriosis atau gangguan lainnya. Untuk meredakan nyeri haid, bisa minum air rebusan kunyit, kompres hangat, atau minum paracetamol atau antinyeri lain yang dijual bebas ya. Semoga bermanfaat.
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu efek samping buah pepaya jika dikonsumsi berlebihan adalah menyebabkan gangguan pencernaan

Bukan Hanya Diare, Waspadai Efek Samping Buah Pepaya Jika Dikonsumsi Berlebihan

Terdapat beberapa efek samping buah pepaya jika dikonsumsi berlebihan, mulai dari gangguan pencernaan, masalah kesuburan, dan risiko bahaya bagi ibu hamil. Selain efek sampingnya, buah pepaya juga mengantongi peringatan lain, yaitu risiko alergi akibat kandungan lateksnya.