Sakit perut bagian bawah, apakah pertanda gangguan rahim?

AR Info Penanya: AR
Assalamulaikum Dok, perkenalkan saya Aisah, perempuan berusia 28 tahun. Saya mau bertanya dok, apabila kita sering merasa sakit perut sebelah kanan bawah sebelum dan sesudah haid itu ada gejala apa ya dok? Apakah ada kaitannya dengan rahim dok? Mohon dijawab ya dok. Makasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi AR,

Sakit perut bawah adalah sakit perut yang dirasakan di area dibawah pusar dimana letaknya bisa membantu dokter untuk menentukan apa yang menjadi pemicunya seperti misalnya jika letaknya di kanan bawah atau di tengah bawah.

Beberapa penyebab sakit perut bawah adalah:

Untuk itu karena penyebabnya pada wanita beragam, ada baiknya memeriksakan diri pada dokter untuk memastikan penyebabnya. Nantinya akan dilakukan wawancara mengenai gejala yang timbul, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang seperti lab darah, tes urine, USG ataupun pemeriksaan lain yang diperlukan.

Sementara jika timbul keluhan bisa diatasi dengan mengonsumsi obat pereda nyeri seperti parasetamol, kompres bagian yang nyeri dengan kompres dingin atau hangat dan juga perhatikan keluhan apa yang menyertai agar membantu memberikan tambahan informasi pada dokter untuk memastikan penyebabnya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

Dr. Adhi P.

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Perut terasa panas umumnya disebabkan karena adanya gangguan kesehatan di saluran pencernaan

9 Penyakit Ini Ditandai dengan Gejala Perut Terasa Panas

Perut terasa panas bisa menjadi pertanda adanya gangguan kesehatan yang terjadi di saluran pencernaan yang disebabkan karena pola makan yang salah, virus atau bakteri, atau terdapatnya penyakit tertentu.