Sakit perut bagian atas sampai ke tulang panggul

A Info Penanya: A
Pagi dok. Saya sakit perut di bagian atas sampai ke tulang panggul rasanya itu pegal sekali dan susah uang air besar . Itu karena apa ya dok ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Hallo, A

Sakit Perut adalah kondisi dimana rasa nyeri yang muncul dalam perut (bisa di rasakan mulas, kram, seperti tertusuk). Derajatnyapun berbeda-beda mulai dari ringan bisa jadi berat. Bagian perut yang sakit bisa juga berbeda, mulai dari kanan atas, kanan bawah, kiri atas, kiri bawah tergantung dari organ dan penyebabnya. Pada suatu kondisi sakit perut bisa menjalar atau berpindah ke bagian lain.

Penyebab sakit perut bermacam-macam, karena di dalam perut banyak mengandung banyak organ dan apabila organ tersebut mengalami gangguan dapat menyebabkan sakit perut. Berikut saya lampirkan beberapa sakit perut berdasarkan letak sakit perut yang dirasakan :

  1. Sakit perut bagian kanan atas : sakit dibagian hati (hepatitis), empedu (batu empedu) dan ginjal (infeksi ginjal / batu ginjal)
  2. Sakit perut bagian kanan bawah : sakit dibagian usus (usus buntu), kandung kemih (infeksi saluran kemih / batu saluran kemih)
  3. Sakit perut bagian kiri atas : sakit di bagian limfa (pembesaran limfa) dan ginjal (infeksi ginjal / batu ginjal)
  4. Sakit perut bagian kiri bawah : sakit di bagian usus (radang usus) dan kandung kemih (infeksi saluran kemih / batu saluran kemih)

Susah buang air besar atau dalam medis disebut dengan konstipasi adalah suatu kondisi di mana frekuensi buang air besar menjadi berkurang. Sebenarnya frekuensi buang air besar tiap orang berbeda-beda tidak ada aturan baku mengenai hal ini. Namun, jika lebih dari 3 hari orang belum buang air besar bisa di katakan konstipasi.

Penyebab dari susah buang air besar sebenarnya beragam :

  1. Makanan 
    Makanan yang kurang sehat, seperti makanan yang kurang mengandung buah, serat dan air dapat memicu konstipasi. Produk yang banyak mengandung susu juga dapat mempengaruhi terjadinya konstipasi
  2. Olahraga
    Malas berolah raga teratur dan beraktifitas fisik dapat menjadi salah satu faktor penyebab konstipasi
  3. Pengaruh obat-obatan
    Pengaruh obat-obatan tertentu dan tidak di awasi oleh dokter dapat menyebabkan efek samping konstipasi, obat-obatan untuk mengatasi gangguan pencernaan seperti antasida dan antidiare dapat menyebabkan konstipasi. Suplemen zat besi dan kalsium dapat juga menyebabkan konstipasi
  4. Stres
    Gangguan psikologi seperti kecemasan, stres depresi dapat menyebabkan masalah konstipasi

Apabila sakit perut masih berlanjut dan susah buang air besar masih berlanjut padahal sudah mengubah gaya hidup sehat, segera konsultasikan lebih lanjut ke dokter spesialis penyakit dalam.

Salam Sehat,

dr. Aisyah Nur Ramadhani

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu teknik relaksasi yang umum adalah meditasi

5 Teknik Relaksasi yang Patut Dicoba untuk Redakan Stres

Teknik relaksasi dapat membantu meredakan stres dan emosi negatif lainnya. Pikiran Anda bisa lebih tenang dan jernih dalam menghadapi berbagai persoalan hidup. Apa sajakah metode relaksasi yang dapat Anda coba?