Sakit perut, apakah gejala penyakit batu empedu?

L Info Penanya: L, Wanita
Dok, Saya memiliki riwayat penyakit batu empedu. Perut saya sering sakit yang sangat sulit untuk ditahan, sampai saya sulit untuk bangun dan menjalankan aktivitas. Kira-kira bagaimana cara untuk menanganinya ya,dok? Terimakasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang L,

Penyakit batu empedu merupakan penyakit dimana ditemukan batu pada kantung empedu, yang normalnya tidak ada. Banyak faktor risiko yang menyebabkan munculnya batu empedu seperti kebiasaan makan makanan berlemak, usia diatas 40 tahun, obesitas, jarang berolahraga, genetik, penurunan berat badan secara ekstrim, dll.

Penyakit batu empedu ini seringkali menimbulkan gejala berupa nyeri perut kanan atas yang terasa hilang timbul, mual, serta muntah.

Penanganan batu empedu sendiri tergantung dari seberapa besar ukuran batu dan ada berapa banyak jumlah batu di dalam kantung empedu. Untuk ukuran batu yang masih dibawah 15 mm, maka dapat dicoba dengan rutin meminum obat pemecah batu, namun hal ini belum tentu berhasil. Bila batu tidak dapat pecah dengan pemakaian obat, maka dokter bedah akan melakukan tindakan operasi untuk membuang kantung empedu tersebut.

Untuk menghindari batu semakin banyak, maka Anda harus mengurangi konsumsi makanan berlemak, perbanyak asupan sayur dan buah, jaga berat badan seideal mungkin, dan lakukan olahraga secara teratur.

Bila sebelumnya Anda pernah didiagnosa batu empedu dan sekarang muncul keluhan nyeri perut lagi yang sangat berat, maka segera lakukan konsultasi dengan dokter bedah.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sering kentut bisa menjadi gejala dari adanya gangguan pencernaan tertentu

8 Kondisi yang Menyebabkan Sering Kentut dan Cara Mengatasinya

Kentut adalah hal yang normal karena merupakan bagian dari berjalannya proses pencernaan. Akan tetapi, sering kentut bukan saja menimbulkan ketidaknyamanan. Kondisi ini juga bisa jadi pertanda dari gangguan pencernaan tertentu.