Asam lambung dan tekanan darah rendah apakah perlu opname?

CN Info Penanya: CN, Wanita, 19 Tahun
Asam lambung saya kambuh, dan tekanan darah rendah, apakah kalo opname bisa 2hari saja dirumah sakit?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang CN,

Asam lambung yang meningkat adalah salah satu keluhan yang sering terjadi dimana kondisi in bisa timbul akibat pola makan yang tidak baik, konsumsi makanan yang mengiritasi lambung, ataupun juga bisa dipicu oleh kondisi psikis seperti jika cemas dan stres.

Jika mengalami peningkatan asam lambung tidak selalu perlu diopname atau dirawat inap, karena penanganan bisa dilakukan dengan pemberian obat pereda asam lambung baik obat minum ataupun melalui injeksi. Tetapi jika kondisi nyeri hebat dan kondisi umum tidak baik maka rawat inap menjadi pilihan. Perlu juga dilakukan pemeriksaan lanjutan terlebih jika ada tukak lambung.

Tekanan darah rendah atau tekanan darah kurang dari 90 mmHg pada tekanan sistolik dan kurang dari 60 mmHg pada tekanan diastolik juga bisa dipicu oleh kebiasaan sehari-hari seperti kurang cairan, terlalu letih, ataupun karena anemia, reaksi alergi, terlalu lelah, kurang asupan nutrisi dan lainnya.

Jadi jika sering kali kambuh perlu diperbaiki pola hidupnya. Penting juga untuk mencari tahu apa pemicu kondisi kambuhnya agar bisa dihindari. Periksakan diri juga pada dokter untuk menilai kondisi kesehatan secara menyeluruh sehingga bisa ditangani jika ada gangguan seperti misalnya anemia. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Buah alpukat tidak bersifat asam dan aman untuk penderita asam lambung

Terbukti Aman, Ini Daftar Buah untuk Asam Lambung yang Bersahabat

Untuk menghindari asam lambung naik, buah yang aman untuk penderita GERD adalah yang tidak bersifat asam seperti alpukat, apel, berries, melon, persik, dan pisang.