Kemaluan seperti robek, berlendir dan gatal, karena apa ?

CA Info Penanya: CA
Sok mau nanya, saya masih sekolah. Tp kenapa kemaluan saya seperti robek ya? Pdhal belum pernah melakukan hubungan seksual. Terus juga terus mengeluarkan lendir putih dan rasa gatal. Ketika buang air besar tdk perih, tpi sesudahnya sangat terasa gatal. Pertanda nya apa yadok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, CAP.

Kemaluan seperti robek merupakan hal yang dapat normal maupun abnormal. Pada dasarnya bentuk vagina sendiri sangat bervariasi pada setiap wanita. Muali dari ukuran, warna hingga bau vagina dapat berbeda-beda. Dalam dunia medis hal ini tercantum dalam ilmu anatomi vagina. Setiap vagina memliki struktur bukaan, dinding dan selaput daranya. Robekan yang terlihat mungkin berhubungan dengan keadaan selaput dara yang umumnya membentuk setengah lingkaran namun dapat bervariasi. Adapun keadaan yang dapat merobek selaput dara selain hubungan seksual yakni cedera atau trauma serta olah raga tertentu misalnya berkuda.

Mengenai keluhan vagina yang mengeluarkan lendir putih dan gatal pada Anda, dapat disebut dengan keputihan. Keputihan sendiri secara normal merupakan bentuk dari proteksi alami vagina. Namun demikian, keputihan dapat menjadi abnormal karena terganggunya flora normal vagina oleh berbagai faktor. Salah satu gangguan yang sering terjadi dan menimbulkan keluhan gatal adalah infeksi jamur. Untuk memastikannya Anda perlu memeriksakan diri ke dokter Kandungan.

Sementara ini, Anda dapat mengonsumsi sumber probiotik untuk membantu memaksimalkan kembali fungsi flora normal vagina Anda serta menggunakan air rebusan sirih yang dibuat sendiri untuk membasuh vagina. Hindari penggunaan sabun pembasuh vagina yang dijual bebas dipasaran karena dapat semakin mengganggu keseimbangan flora normal vagina.

Salam sehat. 

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bisul di vagina bisa diobati dengan kompres hangat

Penyebab Bisul di Vagina dan Cara Mengobatinya

Bisul di vagina bisa diatasi dengan kompres air hangat, obat, maupun salep. Jika bisul tidak juga sembuh dalam waktu dua minggu, maka sebaiknya Anda memeriksakan kondisi tersebut ke dokter.