15 Dec 2020, 21:20Jantung

Apa sebab sakit pada rongga dada kiri ?

AF
Info Penanya: AF0
halo dok, saya ingin bertanya. saya merasakan sakit (tidak terlalu parah) pada bagian rongga dada kiri diatas payudara. sakitnya seperti ditusuk tetapi tidak terlalu parah (saya masih bisa menjalankan aktivitas sehari-hari) akan tetapi, rasa sakit ini membuat saya khawatir serta cemas. apa penyebab sakit ini dok? terima kasih sebelumnya dok
181 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Constantia Evelin Kwandang
(0)
Halo A,Nyeri pada dada sebelah kiri sering dikaitkan dengan masalah jantung, namun hal ini juga dapat disebabkan oleh gangguan pada sistem pernapasan atau pencernaan. Jika nyeri dirasakan saat menarik napas dalam atau saat menggerakkan bahu, bisa jadi keluhan ini disebabkan nyeri otot, karena dipengaruhi gerakan dan jika istirahat tidak nyeri.Beberapa nyeri dada yang perlu Anda waspadai adalah :
  • Angina. Nyeri dan tertekan karena otot jantung kekurangan oksigen
  • Serangan jantung. Gejalanya dada seperti diremas, nyeri menjalar hingga ke di lengan kiri, sesak napas, dan keringat dingin.
  • Radang otot atau lapisan jantung. Gejalanya nyeri dada, napas pendek, detak jantung tidak beraturan (aritmia), dan rasa lelah.
  • pneumonia. Rasa tertusuk saat batuk atau menghela napas, batuk yang disertai dahak, demam, kedinginan, napas pendek, sakit kepala, nafsu makan yang menurun, dan rasa lelah.
 
 
Sebaiknya periksakan ke dokter untuk memastikan keluhan Anda mengarah ke penyakit yang serius atau tidak. Dokter mungkin akan melakukan pemeriksaan EKG untuk memastikan apakah ada masalah dijantung Anda atau tidak.Salam sehatdr. Evelin Kwandang
penyakit jantungmasalah ototnyeri dada
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil