Sakit pada punggung atas, sakit dada saat bernapas, dan demam, karena apa ?

SU Info Penanya: SU, Wanita, 23 Tahun
Dok, kenapa ya, saya demam, sring turun trus naik lg, gak batuk, gak flu, punggung bagian atas serasa sakit, pegal, sesak, susah mau bilang ini salah satu dr itu dok, kalo tarik nafas dalam2 terasa bgt sakitnya bagian dada dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, G.

Sakit punggung atas merupakan keluhan yang dapat terjadi karena berbagai penyebab. Umumnya sakit punggung atas dipicu oleh postur tubuh, gangguan otot maupun cedera, namun masih terdapat banyak faktor yang dapat menyebabkan sakit punggung atas.

Berikut berbagai faktor penyebab sakit punggung atas, diantaranya adalah :

  • postur tubuh dan dekondisi otot yang buruk
  • penggunaan otot punggung berlebih
  • trauma atau cedera akibat olah raga yang berlebih
  • radang sendi (artritis)
  • saraf terjepit
  • masalah pada jaringan ikat (nyeri myofacial)
  • infeksi pada tulang belakang (seperti TB tulang)
  • kegenasan seperti kanker paru-paru
  • nyeri meluas pada sistem gerak (fibromyalgia)

Mengenai keluhan sakit punggung atas pada Anda yang disertai sakit dada saat bernapas dan demam, dapat terjadi karena faktor yang berhubungan dengan peradangan seperti radang sendi serta infeksi tulang belakang, karena penyebab lainya biasanya tidak menimbulkan gejala demam.

Untuk sementara Anda dapat mengonsumsi obat penurun demam dan pereda nyeri bergolongan asetaminofen yang dijual bebas di apotek, mengompres hangat bagian punggung yang sakit serta mengonsumsi air rebusan kunyit.

Apabila keluhan sudah berlangsung lebih dari seminggu dan tidak ada perbaikan, periksakanlah pada dokter Spesilais Penyakit Dalam agar diagnosisnya dapat segera diketahui dengan jelas dan mendapatkan penanganan yang tepat.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ. Salam sehat, dr. Rahmita Dewi
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Seperti pemeriksaan medis pada umumnya, tes laju endap darah mesti dilakukan di rumah sakit maupun klinik

Apa Saja yang Bisa Diketahui Dari Tes Laju Endap Darah?

Tes laju endap darah tidak bisa digunakan untuk mendiagnosis suatu penyakit yang spesifik. Tetapi hasil tes ini bisa membantu untuk mengetahui ada tidaknya peradangan pada tubuh Anda. Berdasarkan hasil pemeriksaan darah tersebut, dokter dapat menyarankan Anda guna melakukan tes-tes lanjutan demi mendapat diagnosis yang tepat.