Sakit paha dan pinggang kiri, apa penyebabnya?

II Info Penanya: II
Gini dok, ayah saya baru2 ini mengalami sakit yang awalnya terasa pada paha namun, beberapa hari setelahnya sakitnya menjalar ke atas pinggang kiri beliau kira2 penyebab dan cara mengobatinya gimana yah?Makasih sebelumnya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, II.

Sakit atau nyeri adalah sensasi tidak menyenangkan yang dapat dialami siapa saja, dimana sensasinya seringkali digambarkan sebagai menusuk, mengikat, dan lain-lain. Sensasi ini dapat dirasakan di bagian tubuh manapun, mulai dari skala ringan sampai berat, dan bisa menetap ataupun menghilang dengan sendirinya.

Penyebab Sakit pada Paha dan Pinggang Kiri

Jika sakit dirasakan di paha dan pinggang kiri, hal ini mungkin saja terjadi karena ada persarafan yang menghubungkan kedua lokasi tersebut. Beberapa penyakit yang dapat menyebabkan sakit pada paha dan pinggang kiri sekaligus adalah:

  • Hernia nukleus pulposus atau saraf kejepit, dimana adanya penjepitan saraf oleh dua ruas tulang belakang
  • Skoliosis
  • Batu ginjal kiri
  • Infeksi ginjal kiri (glomerulonefritis)
  • Kram atau kaku otot karena salah posisi tubuh, misalnya saat tidur atau berolahraga

Untuk sementara, Anda dapat meminta ayah Anda untuk memantau rasa sakit tersebut, sambil rutin berjemur sinar matahari selama 15 menit per hari. Perbanyak juga mengonsumsi air putih, dan hindari minuman bersoda, berkafein dan beralkohol. Jika dibutuhkan, konsumsilah vitamin B kompleks dua kali sehari.

Apabila rasa sakit tidak membaik dan berlangsung lebih dari satu minggu, atau disertai dengan gejala lainnya seperti demam, kesemutan pada tungkai kiri, atau susah berjalan, sebaiknya segera periksakan ke dokter. Nantinya, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan penunjang, misalnya USG atau MRI. Setelah penyebabnya diketahui dengan pasti, dokter akan merujuk Anda kepada spesialisasi yang sesuai, misalnya untuk HNP akan dirujuk ke dokter spesialis saraf.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Manfaat petai untuk ginjal salah satunya dapat melawan radikal bebas

Berbagai Manfaat Pete untuk Ginjal yang Jarang Diketahui

Meski menimbulkan aroma yang tidak sedap setelah dikonsumsi, ternyata manfaat pete untuk ginjal sangatlah baik. Ini berkat antioksidan di dalam kandungannya.