Ada benjolan di payudara, apa saja penyebabnya?

BD Info Penanya: BD, Wanita, 1 Tahun
Dokter saya mau tanya di payudara saya sebelah kanan bagian bawah ada benjolan dan terasa sakit dan nyeri,apa itu tanda kanker payudara ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi BD,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Benjolan di payudara biasanya normal akan muncul saat wanita akan menstruasi dan akan membaik saat menstruasi telah selesai. Namun jika menstruasi sudah selesai dan benjolan masih saja ada bisa saja karena gangguan penyakit tertentu.

Beberapa penyebab benjolan di payudara :

  1. Fibroadenoma (FAM) : tumor jinak pada jaringan payudara
  2. Fibrokistik : muncul akibat perubahan hormon
  3. Papiloma intraductus : benjolan di bawah puting, dan bisa keluar cairan

Beberapa penyebab di atas merupakan gejala benjolan yang tidak berbahaya. Beberapa tanda benjolan yang berbahaya adalah benjolan semakin besar, terjadi perubahan kulit payudara seperti kulit jeruk, keluar cairan bening dari payudara, puting menjorok ke bagian dalam.

Jika Anda mengalami beberapa gejala di atas, sebaiknya periksakan lebih lanjut ke dokter bedah, untuk memeriksakan diri dan mencari tahu penyebab pasti dari benjolan yang Anda alami, dokter akan melakukan pemeriksaan dari anamnesis, pemeriksaan fisik, pemeriksaan penunjang seperti USG dan biopsi jika diperlukan. Untuk mencegah terkena penyakit kanker Anda bisa menerapkan pola hidup sehat, makan makanan bergizi, hindari rokok dan alkohol.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bintik-bintik di sekitar areola sebenarnya bukan kondisi yang mengkhawatirkan

Penyebab Bintik-bintik di Sekitar Areola dan Cara Mengatasinya

Bintik-bintik di sekitar areola bisa disebabkan perubahan hormon, adanya sumbatan saluran air susu, hingga gejala herpes atau infeksi jamur. Kenali penyebab selengkapnya kondisi ini.