16 Nov 2020, 23:42Kulit & Kelamin

Sakit pada organ kewanitaan apakah bisa berulang

NZ
Info Penanya: NZ0
Slmt malam dokter. Saya mau tanya. Apakah nyeri pada vagina akan terasa kembali untuk hubungan badan yg ke 2 atau selanjutnya dok? Mohon dijawab terimakasih
587 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang NZ,Nyeri pada vagina saat berhubungan seksual adalah keluhan yang bisa terjadi karena beberapa hal, bisa karena otot yang tegang, vagina yang kering, adanya infeksi di vagina, adanya luka, baru pertama kali berhubungan seksual, masalah pada organ reproduksi ataupun lainnya. Kondisi ini disebut dengan istilah dispareunia.Untuk itu jika baru pertama melakukan hubungan seksual, hubungan yang kedua dan selanjutnya bisa tidak terlalu nyeri seperti saat pertama kali, tapi tidak menutup kemungkinan bisa tetap ada rasa sakit ketika terjadi penetrasi di awal berhubungan.Beberapa hal yang bisa dilakukan agar tidak terjadi nyeri diantaranya adalah:
  • Bangun komunikasi yang baik dengan pasangan sehingga lebih rileks dan tidak tegang
  • Lakukan pemanasan atau foreplay sebelum melakukan penetrasi
  • Jangan terburu-buru melakukan penetrasi jika belum benar-benar terangsang
  • Gunakan pelumas tambahan agar mencegah gesekan yang menyebabkan nyeri
Jika sering kali terasa sakit berlebih, ada flek atau perdarahan setelah berhubungan seksual, timbul ketakutan atau trauma jika akan berhubungan seksual, maka perlu dilakukan pemeriksaan pada dokter untuk dipastikan apa penyebabnya. Tidak jarang bisa juga memerlukan konseling pada dokter spesialis kedokteran jiwa jika sering kali nyeri dan mengalami vagina yang terlalu tegang atau disebut vaginismus. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
hubungan seksmasalah seksualhubungan seksual
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil