Mengapa pedih pada kemaluan saat buang air kecil?

AN Info Penanya: AN
Dok mau tanya?saya sering kali buang air kecil dan selalu pedih pada kemaluan gimana Dok cara mengatasinya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, AN 
Terima kasih atas pertanyaan Anda

Saluran kemih pada manusia terdiri dari ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra. Rasa tidak nyaman berupa pedih, perih, atau terasa panas saat berkemih dapat disebabkan oleh ebrberapa hal. Salah satu diantaranya adalah adanya Infeksi Saluran Kemih atau sering kita sebut dengan istilah ISK. 

Adapun gejala dari ISK adalah sebagai berikut:

  • Sering timbul keinginan untuk BAK
  • Rasa panas, nyeri, perih dan tidak nyaman pada saat BAK
  • Sering BAK dengan volume sedikit
  • Urin keruh, berwarna kekuningan atau bahkan kemerahan
  • Urin berbau tidak sedap
  • Rasa tidak nyaman pada area perut abwah atau bahkan pada area pinggang

Selain karena ISK, rasa pedih, sakit dan tidak nyaman saat BAk juga bisa disebabkan oleh beberapa hal lain, seperti adanya luka pada area kelamin, adanya sumbatan (batu) saluran kemih, adanya infeksi menular seksual dan lain sebagainya.

Tindakan yang bisa Anda lakukan adalah dengan cara tetap menjaga kebersihan area kemaluan, gunakan pakaian dalam dengan bahan yang menyerap keringat, ganti pakaian dalam 2-3 kali dalam sehari, cukupi kebutuhan cairan harian dengan banyak minum, makan makanan bergizi seimbang, hindari kelelahan dan stres, istirahat cukup, tidak bergonta ganti pasangan seksual, serta lakukan olahraga ringan agar badan tetap bugar.

Jika keluhan dirasa tidak membaik, segera periksakan diri Anda ke dokter spesialis urologi terdekat untuk dilakukan pemeriksaan dan tatalaksana lebih lanjut.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penis keluar darah dapat terjadi saat buang air kecil, maupun saat Anda ejakulasi

Jangan Anggap Sepele, Ini Penyebab Penis Keluar Darah

Beberapa penyakit pada organ reproduksi pria dan sistem ekskresi, dapat diketahui saat penis keluar darah. Darah dapat keluar dari organ vital tersebut, saat Anda buang air kecil, atau saat berejakulasi mengeluarkan air mani. Tak bisa dianggap sepele, penis keluar darah harus ditangani oleh bantuan dokter.