sakit pada hidung memberat saat cuaca dingin dan sakit hingga kepala

IM Info Penanya: IM, Wanita, 2019 Tahun
Selamat Sore Dok, Nama Saya Indri. Saya baru saja duduk di bangku SMP. Hidung saya sering terasa sakit, Apalagi ketika cuaca/suhu dingin dan sakitnya sampai kepala. Lama kelamaan kepala saya terasa berdenyut hingga pandangan kabur. Pertanyaanya, ada apa dengan kesahatan saya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi IM

Sakit pada hidung saat dingin disertai sakit kepala dan pandangan kabur sering terjadi akibat peradangan sinus hidung atau sinusitis. Pada radang sinus terdapat akumulasi lendir dan kuman yang membuat peradangan, saat cuaca dingin mukosa lendir hidung akan semakin banyak diproduksi membuat hambatan drainase sinus yang pada akhirnya meningkatkan peradangan disertai hidung yang tersumbat. Peradangan pada sinus akan memicu sakit kepala disertai hambatan udara masuk melalui hidung memicu kekurangan oksigen dan akan memperparah sakit kepala.

Saya sarankan agar menghindari cuaca dingin, perbanyak minum air hangat,  menjaga kebersihan hidung, hindari debu dan asap rokok. Selain itu perlu melakukan pemeriksaan ke dokter THT

Salam sehat

dr.Zulham

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Minyak kayu putih bisa meredakan gatal dan bentol pada kulit akibat alergi dingin

Benarkah Anak Gatal dan Bentol Salah Satu Tanda Alergi Dingin?

Alergi dingin timbul akibat reaksi kulit terhadap udara dingin, air dingin, benda yang dingin, dan makanan maupun minuman yang dingin. Akan tetapi, alergi dingin yang paling umum terjadi yaitu karena udara dingin. Tanda-tanda alergi dingin biasanya adalah kulit kemerahan, pusing, tangan bengkak, gatal, dan bentol-bentol.