09 Jul 2020, 17:06Penyakit Lainnya

Sakit bahu kiri dan sulit digerakan, apa penyebabnya ?

L
Info Penanya: L0
Assalamu'alaikum dok... Saya Mau bertanya, mama saya mengeluh sakit pada bahu kiri, rasanya nyeri dan sulit untuk digerakkan, kira-kira penyebabnya apa ya dok dan apa mungkin faktor makanan?
6664 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Rahmita Dewi
(0)
Selamat siang, Waalaikumusalam L.Sakit bahu merupakan keluhan yang umumnya disebabkan oleh gangguan pada otot. Keadaan ini lumrah terjadi dan umumnya bukan merupakan hal yang berbahaya. Namun demikian selain gangguan pada otot, terdapat berbagai faktor dan kondisi medis lainnya yang dapat menimbulkan keluhan sakit bahu.

Berikut faktor-faktor dan kondisi medis tersebut, antara lainnya ialah :

  • peradangan pada tendon (tendinitis)
  • peradangan pada kantong berisi cairan di persendian bahu (bursitis)
  • peradangan pada sendi (artritis)
  • saraf terjepit
  • bahu beku atau frozen shoulder
  • dislokasi bahu
  • dan beberapa kondisi medis lainnya
Mengenai keluhan sakit bahu disertai adanya kesulitan untuk digerakan mungkin terjadi karena salah satu faktor atau kondisi medis yang telah dipaparkan diatas. Namun, umumnya keadaan yang ringan seperti gangguan otot karena posisi atau pergerakan yang tidak tepat pun cukup sering dialami. Terkait dengan pertanyaan Anda tentang apakah disebabkan konsumsi makanan tertentu umumnya tidak secara langsung. Penyakit radang sendi pada peningkatan kadar asam urat akibat konsumsi makanan mengandung purin tinggi umumnya tidak terjadi di bahu.Untuk memastikannya, periksakanlah ke dokter terdekat terlebih dahulu. Semantara Anda dapat membantu Ibu Anda untuk mengoleskan krim capcaisin serta mengompres dinging bergantian dengan hangat pada bagian bahu yang sakit. Ibu Anda juga dapat mengonsumsi obat pereda nyeri bergolongan asetaminofen yang dijual bebas di apotek serta konsumsi air rebusan kunyit.Jika keluhan berlanjut atau semakin memberat, ada baiknya untuk mengantar Ibu Anda untuk menemui dokter Spesialis Ortopedi.
Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.
 
Salam sehat,
 
dr. Rahmita Dewi
cedera bahuperadangannyeri otot
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil