Nyeri punggung pasca cedera, bagaimana solusinya?

JL Info Penanya: JL, Pria, 18 Tahun
Dok saya 2 bulan ni telah terapi punggung dan saya karena saya mengalami cedera di bagian punggung bagian bawah akibatnya sulit berjalan dan bokong bagian kiri dan kaki kiri semua terasa sakitTapi akhir ni alhamdulilah sudah baikan banyak selama 2 bulan pengobatan cuman saya masih ada keluhan kenapa ketika saya beridiri agak lama sebentar kaki saya di lutut kiri bagian belakang mulai seperti tegang apakah nih dibilang belum sembuh total / bekas cedera kemarin bagaiman cara mengatasi dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, JL.

Nyeri adalah sensasi tidak nyaman yang dapat dirasakan di area tubuh manapun. Sensasi nyeri dapat berupa menusuk, mengikat, ataupun pegal-pegal. Derajat nyeri bisa ringan sampai berat, tergantung dari penyebabnya.

Terkait nyeri punggung yang Anda alami, apabila menjalar ke bokong dan tungkai, kemungkinan besar terjadi saraf terjepit pasca cedera karena penekanan dari ruas tulang belakang. Kondisi ini dalam dunia medis disebut sebagai HNP (Hernia Nukleus Pulposus). Seseorang yang mengalami HNP akan ditangani sesuai dengan berat atau ringan kondisinya, bisa dengan operasi ataupun fisioterapi.

Tetapi, proses penyembuhan HNP membutuhkan kesabaran. Seseorang bisa saja membutuhkan waktu hingga 6 bulan untuk mencapai kesembuhan yang optimal. Selama proses penyembuhan, sangat disarankan agar melakukan stretching saat bangun tidur, tidak mengangkat benda berat, banyak berbaring, dan berolahraga hanya yang ringan (yoga, berenang, jalan santai). Selain itu, konsumsilah makanan yang bergizi, tinggi kalsium dan vitamin D.

Anda juga dapat berkonsultasi kepada dokter spesialis rehabilitasi medik yang memandu fisioterapi Anda apabila masih membutuhkan informasi yang lebih lengkap. Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia V

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gerak refleks pada manusia secara umum dapat dibagi menjadi dua jenis, monosinpatik dan polisinpatik

Gerak Refleks, Gerakan Sederhana Si Pelindung Tubuh

Gerak refleks pada manusia sebenarnya berperan sebagai mekanisme perlindungan tubuh untuk mencegah terjadinya kerusakan jaringan. Ada beberapa jenis gerak refleks di tubuh dan masing-masingnya membutuhkan jalur rangsang yang berbeda.