16 Jun 2020, 16:23Saraf

Sakit pinggang sampai pantat, apa solusinya?

IJ
Info Penanya: IJ, Wanita, 46 Tahun
Selamat sore dok, saya ingin bertanya, saya merasakan sakit pada pinggang sampai ke daerah pantat. Sakitnya ngilu sekali sampai membuat pusing kepala. Saya sudah menggunakan salonpast dan counterpain untuk menghilangkan rasa nyerinya serta meminum obat welmove tetapi tidak membaik. apakah saya harus mengganti obat minum? apa yang harus saya minum untuk menguranginya? baik secara medika mentosa dan non medikamentosa.
39257 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat siang, IJ.Sakit pinggang sampai pantat paling sering disebabkan oleh hernia nukleus pulposus (HNP), yaitu kondisi dimana ruas tulang belakang menjepit saraf. Oleh karena itu, HNP juga dikenal dengan sebutan 'saraf kejepit'. Nah, pada kondisi ini, selain sakit yang menjalar, gejala juga biasanya disertai dengan kesemutan atau rasa kebas pada bagian tubuh yang sama.Selain HNP, sakit pinggang sampai pantat juga bisa disebabkan oleh otot, misalnya karena beraktivitas terlalu berat atau kebiasaan meletakkan dompet di satu sisi saku celana. Atau, bisa juga disebabkan oleh sakit ginjal yang menjalar, misalnya infeksi atau batu saluran kemih. Selain itu, bisa juga rasa sakit berasal dari tulang, terutama pada mereka dalam usia pra-menopause seperti Anda (46 tahun).Terkait kondisi yang Anda sampaikan, untuk penanganannya sendiri berbeda-beda, tergantung penyebabnya. Secara umum, rasa sakit tentunya dapat diringankan dengan obat analgesik (antinyeri). Anda dapat mencoba terlebih dahulu menggunakan obat yang dijual bebas sesuai dosis, seperti parasetamol.

Terapi Non Medikamentosa

Selain itu, Anda juga dapat melakukan beberapa hal dalam hidup sehari-hari untuk menyehatkan tulang, saraf, otot, dan ginjal:
  • Berjemur matahari 10-15 menit per hari
  • Mengonsumsi sayur dan buah-buahan yang cukup
  • Mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin D dan kalsium, misalnya susu dan keju
  • Minum air putih yang cukup dan membatasi asupan soda, kafein, dan alkohol
  • Rutin berolahraga dan bergerak aktif sehari-hari
Jika keluhan tak kunjung membaik, segera periksakan kepada dokter spesialis orthopedi, ya. Dokter mungkin akan melakukan beberapa pemeriksaan seperti MRI untuk memastikan penyebabnya, kemudian akan memberikan penanganan yang tepat. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
nyeri ototsakit pinggang
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil