Influenza, apakah gejalanya?

AN* Info Penanya: AN*, Wanita, 22 Tahun
Dok, nanyain 2 hr ini tubuh saya panas, tapi yg saya rasain itu kedinginan, mual mual kalau makan, pinginnya minum yang kecut-kecut, tulang di seluruh badan rasanya nyeri semua,terutama pinggang dan kedua kaki saya, tenggorokan panas, perutpun sama rasanya panas, kira kira saya sakit apa ya dok? nyeri di pelipis kiri diatas mata, #anakkosantanya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, N

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Influenza adalah suatu penyakit infeksi virus yang menyerang saluran napas atas. Influenza dapat terjadi pada segala usia baik pada pria maupun pada wanita. Umumnya influenza ini dapat segera membaik, namun bila teradapat komplikasi tertentu tidak dapat disepelekan.

Adapun beberapa gejala dari influenza adalah:

  • Batuk (bedahak ataupun batuk kering)
  • Hidung tersumbat dan atau bersin-bersin
  • Nyeri kepala dan atau pusing
  • Nyeri otot dan atau pegal-pegal
  • Menggigil
  • Tubuh berkeringat
  • Nyeri tenggorokan
  • Demam dan tubuh terasa lemas

Keluhan mual, serta rasa kurang nyaman pada perut kerap kali disebabkan oleh adanya masalah pada saluran pencernaan. Seperti pada peningkatan asam lambung akibat dari terlambat makan, stres, mengonsumsi makanan yang terlalu pedas dan lain sebagainya. 

Beberapa tindakan sementara yang sebaiknya Anda lakukan adalah:

Bila keluhan yang Anda rasakan tidak membaik dalam waktu 3 hari, segeralah memeriksakan diri ke dokter terdekat. Sehingga Anda mendapatkan tatalaksana serta terapi pengoabtan yang sesuai.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Avigan favipiravir dikabarkan efektif menangani infeksi corona

Avigan Favipiravir, Obat yang Dianggap Efektif Menangani Corona

Avigan memiliki zat aktif bernama Favipiravir yang dilaporkan Cina dapat bekerja efektif mengatasi infeksi corona. Obat ini disebut dapat membantu menyembuhkan pasien