Muntah setelah minum antibiotik, apakah itu efek samping?

CJ Info Penanya: CJ, Pria, 1 Tahun
Malam dok,maaf mo tanya,ibu saya penderita diabetes dan ga terkontrol,sempet di bawa ke puskesmas dan dpt antibiotik untuk luka di hidung tp malah mual muntah ,lalu saya bawa ke RS dan opname kes hrs tinggi nyampe 400,plg opname dapat obat Metformin hci 500 mg 3x1,clindamisin hidrocloride capsul 300 mg,dan amlodipin basilate 10 mg 1x1,tp setelah minum obat tsb ibu saya ngeluh lg mual & sakit lambung,muntah jg,mohon solusinya dok hrs gmn cara mengatasinya..mksh..??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, CJ.

Antibiotik adalah golongan obat yang berguna untuk mengobati atau mencegah infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Ada berbagai jenis antibiotik, dan penggunaannya harus sesuai petunjuk dokter. Dosis antibiotik setiap orang berbeda, tergantung usia, berat badan, riwayat kesehatan, dan lain-lain. 

Terkait kasus Anda, obat yang diberikan kepada ibu Anda tidak hanya antibiotik. Berikut penjelasannya satu per satu:

  • Metformin adalah obat antidiabetes yang digunakan untuk menurunkan atau mengontrol gula darah. Obat ini memiliki efek samping penurunan nafsu makan, gangguan pencernaan seperti mual, muntah, diare, dan lain-lain.
  • Clindamicin adalah salah satu jenis antibiotik. Obat ini memiliki efek samping mual, muntah, nyeri sendi, ruam, dan lain-lain.
  • Amlodipin adalah obat antihipertensi yang digunakan untuk menurunkan atau mengontrol tekanan darah. Obat ini memiliki efek samping merasa lelah, pusing, jantung berdebar, dan lain-lain.

Dari ketiga obat tersebut, perhatikan apakah ada obat yang sudah pernah dikonsumsi ibu Anda sebelumnya. Jika ibu Anda pernah mengonsumsi salah satu obat sebelumnya, dan tidak ada reaksi apapun, kemungkinan keluhan mual dan muntah yang terjadi saat ini disebabkan oleh obat satunya. Jika belum pernah, kedua obat itu berpotensi menyebabkan keluhan tersebut. Metformin dan clindamicin sama-sama memiliki efek samping gangguan pencernaan, yang mana efek samping tersebut bisa diminimalisir dengan mengonsumsi kedua obat tersebut saat makan.

Selain karena efek samping, keluhan mual dan muntah juga mungkin disebabkan oleh penyakit lain, seperti maag atau tukak lambung. Sebaiknya Anda membawa ibu Anda berkonsultasi kembali kepada dokter yang bersangkutan atau dokter spesialis penyakit dalam, untuk memberitahukan keluhan yang terjadi setelah mengonsumsi obat tersebut. 

Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Retinopati diabetik sering terjadi pada lansia yang mengalami diabetes

Retinopati Diabetik: Efek Gula Darah Tinggi pada Mata

Salah satu efek gula darah tinggi pada penderita diabetes, yaitu retinopati diabetik yang ditandai dengan penglihatan yang terasa buram setelah mengonsumsi karbohidrat. Biasanya kondisi ini dialami oleh orang yang sudah lanjut usia.