Apakah tanda dan gejala dari demam tifoid?

ZM Info Penanya: ZM
Malam dok. Mau tanya, ayah saya sudah lebih dari 2 minggu ini demamnya naik turun. Kalo pagi siang mendingan. Baru mulai panas. Setelah isya'. Keluhan yang dirasakan, mual, meriang, terus 3 hr terakhir ada batuk setelah makan kue cucur, juga ada diare. Sudah 2 hr an. Sehari 5x. Kemarin sudah cek lab. Untuk hasil lab hb sama trombosit nya normal. Kira2 sakit apa ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, Z

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Demam adalah suatu proses alami tubuh sebagai pertanda bhwa tubuh sedang melawan kuman atau virus yang menyebabkan infeksi. Adanya infeksi bakteri salmonella dalam tubuh menyebabkan seseorang terserang penyakit deman tifoid atau kerap kali disebut dengan istilah tipes. Infeksi bakteri ini dapat menggangu beberapa organ dalam tubuh, sehingga gejala yang muncul tidak hanya demam saja. Penyakit demam tifoid ini bisa ditularkan dari orang satu ke yang lain dari adanya bakteri pada kotoran (tinja) dan atau pada urin penderitanya. Ketika seseorang mengonsumsi makanan / minuman yang terlah terkontaminasi dengan bakteri tersebut maka dapat terserang demam tifoid.

Adapun beberapa gejala yang muncul pada demam tifoid adalah:

  • Demam
  • Adanya gangguan pencernaan bisa sembelit (konstipasi) atau justru diare
  • Merasa lemas dan lelah
  • Mengigau, bahkan pada beberapa orang dapat etrjadi halusinasi
  • Mual dan atau muntah
  • Pusing / sakit kepala

Terkait dengan keluhan yang dirasakan oleh Ayah Anda, selain karena adaya demam tifoid bisa juga disebabkan oleh adanya infeksi bakteri lainnya atu bahkan adanya infeksi virus seperti virus infulenza, virus covid-19 dan lain sebagainya. Untuk dapat memasikannya, periksakanlah kembali Ayah Anda ke dokter spesialis penyakit dalam dan sertakan beberapa hasil pemeriksaan yang sudah pernah dilakukan.

Tindakan sementara yang bisa Anda lakukan adalah untuk tetap memastikan bahwa Ayah Anda mengonsumsi makanan sehat dan bergizi, hindari makanan yang bersifat asam / pedas / berminyak / berlemak, cuci tangan dengan sabun dan air mengalir sebelum dan sesudah makan, jaga kebersihan diri dan lingkungan, pastikan kebutuhan cairan harian Ayah Anda terpenuhi agar tehindar dari dehidrasi.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tak hanya bakteri penyebab infeksi, bakteri baik juga dibutuhkan untuk menjaga kesehatan

Tak Selalu Jahat, Ini Pengertian Bakteri yang Perlu Anda Tahu

Bakteri tak selamanya jahat dan merugikan kesehatan. Ada jenis-jenis bakteri yang justru bermanfaat bagi tubuh manusia. Untuk itu, mari kenali pengertian bakteri lebih dalam serta fakta-fakta lainnya.