22 Nov 2020, 08:02Penyakit Lainnya

Nyeri hebat saat haid apakah normal ?

AA
Info Penanya: AA, Wanita, 21 Tahun
Hallo dok mau tanya , sudah beberapa bulan tiap saya menstruasi hari pertama selalu sakit sampai tangan gemeter badan terasa dingin tapi keringetan bener bener sakit sekali yg mengharuskan saya harus berbaring dan itu sangat menggangu aktifitas kerja saya , saya suka minum obat feminax karna ga kuat dgn sakitnya , bagaimana caranya agar setiap menstruasi supaya tidak sakit dok? Dan apakah ada efek sampingnya setiap saya menstruasi saya minum obat tersebut?
235 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat sore AA,Terimakasih atas pertanyannya.Nyeri haid (dismenore) pada umumnya dialami oleh hampir semua wanita. Nyeri haid dirasakan seperti kram pada perut, nyeri pinggang, nyeri pinggul, nyeri punggung hingga otot paha. Berat ringannya nyeri hadi tergantung dari intensitas nyeri dan toleransi tubuh masing-masing.Normalnya nyeri haid akan menghilang dalam 2-3 hari. Nyeri hadi ditimbulkan karena adanya peningkatan hormon prostaglandin. Prostaglandin menyebabkan kontraksi pada dinding rahim untuk meluruhkan selaput dinding rahim sehingga terkadang menimbulkan rasa tidak nyaman dan nyeri. Badan akan terasa lemas karena menahan rasa sakit.

Penanganan yang dapat dilakukan untuk mengurangi nyeri haid :

  • Tidak melakukan aktivitas berat
  • Kompress hangat
  • Mandi air hangat
  • Minum obat pereda nyeri
  • Melakukan teknik relaksasi seperti yoga, meditasi
  • Berolahraga secara teratur dapat mengurangi intensitas nyeri haid berikutnya.
  • Istirahat cukup, asupan cairan yang cukup dan makanan yang sehat.
Tentunya setiap obat memiliki efek samping. Penggunaan pereda nyeri golongan NSAID hanya dikonsumsi bila nyeri muncul saja dan sebaiknya tidak dikonsumsi terus-menerus karena mengakibatkan masalah pada lambung serta gangguan pada fungsi hati dan ginjal.Apabila nyeri tidak menghilang atau membaik sebaiknya dikonsutasikan ke dokter spesialis kandungan untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut mengenai penyebab nyeri haid yang hebat.Semoga bermanfaat. Salam sehat,dr. Pany CL
makanan sehathaidmenstruasipereda nyeri
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil