10 Jul 2020, 09:53Mata

Sakit mata sulit untuk membuka mata dan berair

VA
Info Penanya: VA, Pria, 27 Tahun
MAta. Sakit gag bisa melek netes terus air mata
7306 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat malam VA,Sakit mata adalah keluhan yang bisa memiliki beragam penyebab dan organ mata yang mengalami masalah tapi secara garis besar bisa dibedakan menjadi sakit mata dengan mata merah tanpa penurunan tajam penglihatan, mata merah dengan penurunan tajam penglihatan, mata tenang dengan penurunan tajam penglihatan mendadak, mata tenang dengan penurunan tajam penglihatan perlahan.

Konjungtivitis

Apabila saat ini terdapat mata kemerahan, berair, keluar kotoran tapi tidak ada masalah pada tajam penglihatan bisa disebabkan oleh salah satunya adalah infeksi konjungtiva atau konjungtivitis. Gejala konjungtivitis lain yang bisa timbul diantaranya adalah:
  • Mata merah
  • Rasa gatal pada mata
  • Keluar kotoran mata yang bisa menimbulkan kerak sehingga sulit membuka mata
  • Mata berair
Masalah mata ini bisa timbul baik pada satu mata ataupun keduanya. Untuk mengurangi gejala bisa dilakukan pembersihan mata menggunakan air hangat bersih dan kompres menggunakan kain atau handuk bersih, bisa berikan tetes mata tetrahidrazoline ataupun air mata buatan untuk sementara, jika gatal bisa juga mengonsumsi obat antihistamin seperti chlorpheniramine maleat.Apabila tidak ada perbaikan dalam 3 hari, maka perlu diperiksakan pada dokter atau dokter mata, karena konjungtivitis bisa disebabkan oleh virus, bakteri, jamur ataupun penyebab lain seperti misalnya alergi, paparan bahan kimia, adanya benda asing dan kemungkinan lainnya. Hindari menggosok mata atau menggunakan sembarangan tetes mata untuk menghindari iritasi ataupun infeksi mata yang lebih berat. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
konjungtivitisinfeksigangguan mata
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil