Apakah penyakit maag selalu membuat mual tanpa sebab?

AF Info Penanya: AF, Wanita, 26 Tahun
Saya ingin bertanya . Kenapa kalo orang magh itu kenapa tiba tiba mual tanpa sebab ya. Misalnya sebelum kadang kadang mual kadang gemetaran. Dan makan juga selese makan tiba tiba mual padahal udh makan dan tidak kambuh kadang cepet lapar juga. Dan kadang kaya perut d kocok gtu. Dan badan pun ikut merasa tidak enak
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, AF.

 

Sakit maag atau istilah medisnya dispepsia merupakan gejala nyeri dan panas yang terjadi pada lambung. Hal ini muncul akibat adanya beberapa kondisi luka pada lapisan lambung (tukak lambung), Infeksi bakteri, efek samping penggunaan obat tertentu dan kondisi stres.

Gejala dari sakit maag dapat berupa:

  • Rasa tidak nyaman dibagian perut.
  • Sering bersendawa.
  • Mual bahkan sampai muntah.
  • Nyeri uluhati.
  • Perut terasa pedih jika diberi makan atau terlambat makan.

Terkait dengan keluhan yang Anda rasakan jika memang sudah sangat mengganggu dan tidak ada perbaikan sebaiknya lakukan konsultasi ke dokter spesialis penyakit dalam untuk mendapat penanganan yang tepat.

Jika terdapat luka ataupun infeksi yang menimbulkan luka pada lambung maka akan diberikan penanganan berupa pengobatan untuk melapisi lapisan lambung dan mengatasi infeksi yang ada. Penting untuk menjaga pola makan walaupun sedikit tetapi perlu lebih sering makan, dengan mengonsumsi makanan yang tidak mengiritasi lambung seperti makanan pedas, asam, berlemak, beminyak, minuman berkafein dan pencetus iritasi lainnya, penting juga mengelola stres agar tidak memicu peningkatan asam lambung. 

 

Semoga bermanfaat.

Salam sehat, 

 

dr.Sri Wulantini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penderita maag yang ingin mengonsumsi obat cimetidine harus mengikuti petunjuk dokter

Cimetidine Obat Apa? Ini Jawabannya

Bagi Anda yang belum mengenal cimetidine pasti akan menanyakan ‘cimetidine obat apa?’. Obat cimetidine adalah salah satu obat yang biasanya diberikan saat seseorang mengalami gangguan peningkatan asam lambung. Obat ini bisa didapatkan di apotek maupun dengan resep dokter.